ajahemat October 31, 2017
Kartu Kredit Syariah

Selain ketentuan akad dan batasan yang harus diterapkan dan dijalankan, kartu kredit syariah juga menetapkan ketentuan fee, ta’wid dan denda bagi anggota atau pemegang kartu kredit berlandaskan syariah islam ini. Penerbit membuat kebijakan seperti ini agar memudahkan bagi pemegang kartu agar menjalankan sistem transaksi kredit dangan baik dan benar yang sesuai dengan syariah yang telah ditentukan.

Adapun ketentuan fee tentang kartu kredit syariah adalah sebagai berikut:

Kartu Kredit Syariah

  1. Untuk iuran keanggotaan atau membership fee yaitu penerbit kartu berhak untuk mendapatkan iuran keanggotaan yang diberikan kepada pemagang kartu yang meliputi perpanjangan masa waktu untuk menjadi anggota dan imbalan untuk menggunakan fasilitas yang ada di kartu.
  2. Merchant fee yaitu penerbit kartu diperbolehkan mengambil dan menerima fee sesuai dengan harga objek sistem transaksi dan pelayanan sebagai imbalan atas sistem yang diberikan yang meliputi perantara, penagihan dan pemasaran dari bank syariah.
  3. Fee kafalah yaitu penerbit kartu diperbolehkan untuk menerima fee dari pemegang kartu atau anggota bank syariah.
  4. Fee penarikan uang yaitu penerbit kartu diperbolehkan untuk menerima fee penarikan uang tunai atas berbagai sarana dan layanan penggunaan berbagai fasilitas yang telah disediakan.

Adapun ketentuan ta’widh dan denda tentang kartu kredit syariah adalah sebagai berikut:

  1. Ta’widh yaitu penerbit kartu akan dapat mengenakan ganti rugi atas berbagai biaya yang dikeluarkan sesuai peraturan oleh penerbit kartu atas keterlambatan pembayaran yang dilakukan pemegang kartu telah jatuh tempo dengan waktu yang telah ditentukan.
  2. Denda. Denda yang dimaksud di sini adalah denda keterlambatan yang dilakukan oleh pemegang kartu atas berbagai pembayaran dan transaksi yang diberikan kepada penerbit kartu. Semua denda diakui sebagai dana sosial.

Itulah beberapa ketentuan fee, ta’widh dan denda keterlambatan yang harus dipelajari dan diterapkan agar nanti tidak salah prosedur dalam sistem transaksi dan sistem lainnya di kartu kredit syariah. Penerbit kartu selalu memberikan fasilitas dan pelayanan yang terbaik bagi anggota atau pemegang kartu dengan menjelaskan ketentuan-ketentuan berlandas syariah. Semoga bisa menjadi bahan rekomendasi dalam menangani kartu kredit yang berlandas syariah islam ini.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*