ajahemat November 9, 2017

Kartu kredit bukanlah benda asing lagi saat ini. Sebagai alat pembayaran digital yang memberikan banyak kemudahan, kartu kredit sudah marak di lirik oleh berbagai pihak. Dalam pengajuan aplikasi kartu kredit ini, ada beberapa persyaratan pengajuan kartu kredit yang mesti dipenuhi. Pengajuan ini nantinya juga melalui berbagai tahapan. Proses yang berlangsung memang susah-susah gampang. Sebab, nantinya ada pengajuan yang mudah diterima dan ada juga yang ditolak begitu saja.

Bank sebagai penyalur hutang atau kreditur mempunyai wewenang untuk menentukan siapa saja yang layak untuk bisa menjadi debitur atau menjadi pemilik kartu kredit. Pihak bank akan sangat berhati-hati menentukan, sehingga banyak yang pengajuannya ditolak dengan berbagai alasan. Hal itu bisa terjadi karena pihak bank ingin meminimalisir adanya resiko kredit macet atau tidak membayar sesuai jangka waktu yang ditentukan. Karena itulah, agar dapat lolos Anda perlu mengenali dengan benar persyaratan pengajuan kartu kredit.

Setiap bank memiliki kebijakan yang berbeda-beda. Tetapi, secara umum persyaratan pengajuan kartu kredit yang harus Anda penuhi adalah sebagai berikut:

  • Berusia minimal 17 tahun,
  • Memberikan fotokopi KTP atau Kartu Izin Tinggal Sementara (KITAS) untuk warga negara asing,
  • Memberikan fotokopi surat keterangan nikah atau cerai,
  • Memberikan fotokopi kartu keluarga (KK),
  • Memberikan slip gaji dengan jumlah gaji minimal 3 juta per bulan,
  • Jika telah memiliki kartu kredit sebelumnya dari bank lain, Anda perlu juga menyerahkan fotokopi kartu kredit tersebut,
  • Melengkapi surat-surat lainnya seperti surat keterangan penghasilan (SKP), surat izin usaha perdagangan (SIUP), dan berbagai surat-surat keterangan sesuai peraturan bank.

 

Itulah hal-hal umum yang menjadi persyaratan pengajuan kartu kredit. Untuk dapat mengetahui persyaratan khususnya, Anda harus menanyakan langsung kepada pihak bank tempat Anda akan mengajukan pembuatan kartu kredit. Ketika Anda telah mendapatkan kartu kredit, berarti Anda siap untuk menjalankan komitmen dimana Anda harus membayar hutang yang Anda miliki tepat waktu hingga lunas. Untuk itu, terlebih dahulu kenali lah hal-hal terkait kartu kredit tersebut mulai dari biaya administrasi, fasilitas yang didapatkan, hingga perhitungan bunga.

 

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*