ajahemat November 13, 2017

Saat ini banyak sekali bank-bank baru muncul dengan konsep syariah. Mereka berlomba-lomba menawarkan ke konsumen dengan sistem syariah yang mereka tawarkan. Sebenarnya apa itu bank Syariah? Bank syariah merupakan bank dengan konsep bagi hasil dan tidak menggunakan bunga dalam istilahnya. Karena menabung mendapatkan bunga sama dengan riba jadi istilah bunga dalam bank syariah diganti dengan bagi hasil. Lalu apa perbedaan kartu kredit syariah dengan kartu kredit konvensional?

Kartu kredit syariah dan kartu kredit konvensional sangatlah berbeda. Cara termudah mengetahui perbedaan tersebut yaitu terlihat jelas dalam sistem penghitungan biaya yang dibebankan kepada nasabah. Bila credit card syariah dalam sistem perhitungan biayanya lebih murah dibandingkan dengan kartu kredit konvensional. Biaya perhitungannya pun lebih transparan dan adil serta lebih murah. Perbedaan yang sangat terlihat dalam perbedaan kredit card syariah dan kartu kredit konvensional yaitu perhitungan bunga dan denda.

Bila kartu kredit syariah di samping bunga yang rendah juga dihitung berdasar jatuh tempo nya berbeda dengan kartu kredit konvensional karena denda kartu kredit konvensional suku bunga selalu diakumulasikan setiap bulan dan harus dibayarkan pada saat jatuh tempo. Perbedaan yang terlihat jelas yang kedua adalah bunga tarik tunai dengan menggunakan kredit card syariah dan konvensional. Bila tarik tunai menggunakan kartu kredit bila nasabah membayarkan sebelum tanggal jatuh tempo hanya terkena biaya administrasi sebesar Rp 25.000.

Sedangkan bila Anda tarik tunai menggunakan kartu kredit konvensional akan langsung terkena denda 4-10% tergantung kebijakan masing-masing bank. Sehingga jumlah yang harus dibayarkan setiap bulannya tentu sangat mahal. Ditambah lagi apabila Anda hanya membayarkan pokoknya saja maka Anda akan terkena denda administrasi sebesar 3% dan akan di akumulasi secara terus menerus. Jadi bila Anda memang memerlukan kartu kredit ada baiknya Anda mencoba menggunakan kartu kredit syariah namun tetap saja anda harus bijak menggunakannya. Demikianlah informasi beberapa kelebihan kartu kredit dengan sistem syariah bila dibandingkan dengan kartu kredit pada umumnya. Semoga bermanfaat!

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*