ajahemat November 17, 2017
keuntungan dalam mengelola keuangan

Sebagian besar diantara masalah yang sering kali dialami oleh anak muda, apalagi yang masih dalam rentan usia produktif dalam bekerja adalah tak bisa mengelola keuangan secara tepat, sehingga dampaknya adalah pengeluaran jauh lebih besar dibandingkan dengan pemasukan. Meskipun pada dasarnya sudah bekerja, namun bijak dalam mengelola keuangan agaknya juga menjadi bagian yang sangat penting untuk dipertimbangkan, sehingga di kehidupan yang akan datang ada tabungan untuk membiayai diri sendiri. Banyak diantaranya yang sudah mempertimbangkan pembuatan kartu kredit.

Pastinya juga bukan hal yang baru lagi bagi Anda mengenai jenis kartu pembayaran yang satu ini bukan, fungsinya sangatlah banyak, diantaranya adalah bisa digunakan sebagai sarana untuk mengelola keuangan dengan baik, mendapatkan tawaran harga yang lebih hemat untuk beberapa jenis produk, hingga sebagai pinjaman pribadi yang aman. Hanya saja ternyata penggunaan kartu pembayaran yang satu ini juga dapat menimbulkan masalah. Untuk itu lebih bijak dalam mengelolanya, sehingga tak terjerat pada hutang kartu kredit, diantara caranya adalah:

  1. Mulailah dengan membatasi penggunaannya, tentunya ada kalanya dimana Anda harus dihadapkan dengan godaan belanja yang sangat tinggi, misalnya untuk berbagai macam kategori produk fashion dan sejenisnya. Jika sudah semacam ini mau tak mau kartu akan tergesek, jadi biasakan untuk tidak membawanya, ketika tidak ada keperluan atau kebutuhan mendesak yang ingin dibeli.
  2. Katakan tidak untuk penarikan tunai, meskipun pada dasarnya kartu pembayaran tersebut juga bisa digunakan untuk mengambil uang secara tunai, hanya saja patut untuk diketahui bahwa hal ini bukan pilihan terbaik, kecuali dalam kondisi terpaksa, mengingat setiap tarikan tunainya berpotensi untuk menumpuk hutang dalam jumlah yang besar.
  3. Selalu cek kembali daftar belanja yang dibayar menggunakan kartu kredit, pengecekan kembali untuk memastikan tak ada yang salah, jika Anda termasuk dalam pengguna kredit card yang cerdas, hendaknya juga hanya membayar untuk beberapa jenis barang yang ditawarkan dengan harga promo untuk sistem kartu kredit bank yang bersangkutan.
  4. Penggunaan sudah tak terbatas jumlahnya, maka tak ada cara lain selain memotong kartu tersebut, ada kalanya memang dimana Anda dihadapkan pada masalah keuangan yang disebabkan oleh kartu kredit ini, hutang kartu kredit membludak dan butuh waktu lama untuk melunasinya, maka jalan satu-satunya adalah dengan cara memotong kartu tersebut agar tak digunakan kembali.

Bijak dalam penggunaannya, karena meskipun menguntungkan nyatanya banyak juga kekurangan transaksi dengan memakai kartu kredit. Sehingga jika Anda tak ingin menyesal maka patuhi aturan-aturan di atas. Pilah-pilih juga sebelum pembuatannya, tentukan perusahaan yang memang aman dalam hal nilai suku bunga, juga ada banyak keuntungan seperti promo-promo menarik yang ditawarkan tiap waktu.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*