ajahemat November 19, 2017
bisnis penipuan

Investasi tentu menjadi hal yang amat penting demi persiapan keuangan di masa depan. Pada dasarnya bentuk investasi sendiri amat beragam mulai dari investasi properti, bisnis hingga ke sektor keuangan. Investasi tak hanya untuk orang kaya dan melek keuangan saja, namun investasi juga merupakan kewajiban semua orang sehingga punya kemapanan keuangan di masa depan. Namun bagaimana jadinya jika Anda menyerahkan uang investasi Anda ke pihak yang tepat? Pastinya Anda akan rugi besar.

Namun kini banyak sekali kriminilitas yang berhubungan dengan investasi dimana banyak sekali investasi yang bodong. Banyak sekali korban yang sudah tertipu hingga milyaran rupiah sehingga Anda yang berniat investasi pun haruslah waspada. Untuk itu, kenali beberapa jenis investasi bodong yang kini sedang jadi tren berikut ini:

  • Investasi emas palsu

Beberapa waktu belakangan masyarakat banyak yang heboh dengan adanya praktik penipuan dengan kedok investasi ini. Sudah ada ribuan orang yang jadi korbannya. Memang iming-iming keuntungan berlipat selalu jadi hal yang membuat orang lupa diri. Biasanya korban diminta mengirim uang lalu uang ini dijadikan emas dan nantinya emas ini dijanjikan dijual kembali dengan harga tinggi. Namun kenyataannya adalah emas itu ternyata emas palsu.

  • Investasi agrobisnis

Investasi bodong yang satu ini bukanlah investasi jenis baru, namun ternyata masih mampu menjerat masyarakat untuk tertipu. Mekanismenya adalah para korban diminta menyerahkan uang untuk bisnis agrobisnis. Umumnya pelaku ini memberikan berbagai proposal hingga alat pendukung yang menjadikan korbannya percaya. Mereka bilang jika lahan akan ditanami sesuatu namun kenyataan yang ada bahwa lahan dan investasi itu tidak pernah ada.

  • Investasi pindah warisan

Kebanyakan investasi bodong ini dilakukan pelaku luar negeri dimana mekanismenya melibatkan percakapan di dunia maya dimana pelaku menyatakan punya sejumlah warisan yang belum bisa dicairkan lalu hanya bisa dialihkan di Indonesia sehingga minta tolong ke korban. Pencairan dana ini yang jadi celah pelaku menarik uang kepada korbannya dalam angka puluhan hingga ratusan juta rupiah.

  • Investasi harta karun

Tak hanya di luar negeri, untuk penipuan dengan kedok harta karun ini banyak juga dialami di dalam negeri. Prakteknya adalah pelaku mengaku sebagai orang pintar lalu meyakinkan korban bahwa harta karun itu ada wujudnya. Biasanya uang yang diminta oleh pelaku kepada korbannya adalah untuk keperluan ritual hingga sajen.

Ternyata bentuk investasi bodong masa kini sangat beragam bukan? oleh karena itu ada baiknya berpikir secara logis sebelum menyerahkan uang kepada seseorang atas alasan investasi. Mana ada orang yang mau berbaik hati memberi uang dengan jumlah besar begitu saja sedangkan cari uang saja susah?

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*