ajahemat November 21, 2017
cara berhemat

Memiliki usia yang masih muda dan sudah bekerja di sebuah perusahaan mungkin menjadi salah satu diantara begitu banyak karyawan muda yang menikmati masa menyenangkan. Tentu saja, penghasilan yang Anda peroleh sekarang ini mungkin bisa memenuhi seluruh kebutuhan hidup dengan baik. waktu seperti ini yang bisa digunakan untuk melakukan berbagai macam hal seperti menikmati hobi dan berbagai hal lain yang dianggap lebih menyenangkan. Anda masih memiliki umur muda dan mempunyai penghasilan, pasti penting untuk menikmatinya bukan? Sayangnya, dibalik kondisi ini, banyak rencana keuangan yang penting untuk direalisasikan walaupun usia masih muda. Kondisi keuangan yang stabil dan berjalan dengan baik adalah keinginan semua orang. Agar keuangan Anda bisa berjalan dengan baik dan rapi. ada beberapa hal yang harus Anda lakukan.

Pertama, kelola keuangan dengan baik. gaji telah habis padahal, tanggal gajian masih jauh. Kondisi yang seperti ini menjadi hal yang sering dialami oleh banyak orang. Mungkin Anda juga menjadi salah satunya. Bila terus dibiarkan, Anda akan hidup dalam siklus dari gaji ke gaji. Berapa saja jumlah gaji yang Anda peroleh setiap bulannya, gaji harus dapat memenuhi seluruh kebutuhan dengan baik. bukan hanya sekarang ini, namun sebagian dari gaji sudah pasti akan mempunyai porsi khusus untuk berbagai macam kebutuhan di masa mendatang.

Kedua, biasakan diri menabung. Tidak mempunyai sejumlah tabungan serta selalu menunda menyisihkan sejumlah uang untuk dana tabungan akan menyulitkan Anda sendiri. Dua hal tersebut sering menjadi masalah dalam segi keuangan. Sedangkan di sisi lain sangat penting bagi diri Anda menjaga kondisi keuangan menjadi tetap stabil sepanjang waktu dimana Anda mempunyai dana tabungan dan dana investasi untuk mengamankannya. Mulai sisihkan sebagian gaji sebagai dana tabungan serta investasi agar bisa mencapai rencana serta tujuan keuangan yang baik di masa mendatang. Segera lakukan investasi keuangan dan jangan lupa memilih instrumen investasi yang tepat sesuai kondisi keuangan.

Ketiga, persiapan dana darurat. Melupakan berbagai macam resiko dalam keuangan serta tidak mempunyai dana darurat untuk menopang kehidupan di masa sulit adalah masalah keuangan yang cukup serius. Ada berbagai macam hal yang bisa menyebabkan kondisi keuangan menjadi kurang sehat seperti seseorang kehilangan penghasilan tetap karena kehilangan pekerjaan, hal ini bisa terjadi setiap saat.

Terakhir, membelanjakan uang secara bijak. Pergaulan serta pola hidup yang tidak seimbang bisa membuat Anda kehilangan banyak uang. Anda mungkin membelanjakan uang tanpa melakukan sejumlah perhitungan pengeluaran dan memiliki sifat konsumtif, atau tidak memberi manfaat yang maksimal di dalam kehidupan. Sebagian besar karyawan muda akan menghabiskan uang untuk sekedar bersenang-senang, Anda bisa mencoba menata kehidupan dan mengubah pola pikir tentang uang.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*