ajahemat November 27, 2017
pelajaran menabung pada anak

Mendidik anak tentunya membutuhkan proses yang panjang serta pengawasan yang cukuplah ketat supaya sang anak pun juga bisa memiliki tumbuh dan kembang yang baik pula. Sedangkan hal penting yang wajib diajarkan kepada sang anak adalah mengajarkan untuk menabung sedini mungkin. Hal ini sangatlah penting untuk membiasakan sang anak agar terbiasa dengan hidup yang hemat dan juga sederhana. Terlebih lagi diera perkembangan jaman yang semakin modern ini yang segala halnya sudah bisa dilakukan dengan cara yang instan, sehingga pentingnya peran orang tua untuk selalu mendampingi anak.

Memperkenalkan anak untuk menabung sedini mungkin adalah hal yang akan memberikan banyak manfaat bagi kehidupan anak dimasa depannya nanti. Sedangkan kegiatan menabung ini merupakan kebiasaan baik yang bisa untuk dipupuk kepada sang anak secara perlahan-lahan sehingga kegiatan sederhana yang dilakukan secara perlahan ini pun juga akan menjadi suatu kebiasaan yang sangatlah baik untuk dilakukan sang anak yang tidak akan pernah untuk ditinggalkannya.

Terkadang menjadi orang tua yang melihat buah hatinya merengek-rengek minta dibelikan sesuatu, sedangkan kebanyakan orang tua pun juga akan langsung membelikan segala barang apa pun yang diminta sang anak, padahal hal yang semacam ini pun juga tidak terlalu baik untuk dilakukan kepada sang anak, karena dengan cara memanjakan anak ini pun juga akan menjadikan anak merasa segala kebutuhannya dipenuhi orang tuanya, sehingga anak malas untuk berusaha menabung untuk mendapatkan segala barang yang diinginkannya.

Jika Anda ingin sukses dalam mendidik buah hati Anda, maka ada beberapa hal yang bisa untuk Anda lakukan dalam mendidik buah hati Anda agar rajin menabung, yaitu:

  • Tetapkan tujuan mengenai barang apa pun yang ingin di beli sang anak agar sang anak lebih bersemangat dalam menabung.
  • Ajarkan kepada sang anak untuk menyisihkan sedikit uang sakunya agar anak bisa menabung dari uang saku yang dimilikinya.
  • Berikan anak celengan yang lucu dan menarik atau tokoh kartun yang disenanginya agar Anda lebih giat dalam menabung uangnya.
  • Apabila uang anak sudah terkumpul dan bisa untuk membeli barang keinginannya, maka jangan menundanya langsung ajak anak untuk membeli barang yang diinginkan hasil dari tabungannya, dengan begitu maka anak pun bisa menghargai usaha kerasnya dalam mendapatkan barang yang diinginkannya.

 

Mengajarkan anak untuk menabung sedini mungkin adalah hal yang sangatlah penting untuk dilakukan oleh para orang tuanya. Meskipun cara yang dilakukan ini sangatlah sederhana, akan tetapi cara yang sederhana inilah yang akan membantu buah hati Anda untuk lebih menghargai setiap perjuangan yang dilakukannya dalam mendapatkan segala sesuatu yang diinginkannya dengan uangnya sendiri. Dan cara yang sederhana ini pun juga akan menjadi kebiasaan baik hingga anak dewasa nantinya.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*