ajahemat November 29, 2017
mengajarkan anak berhemat sejak dini

Masalah keuangan memang menjadi salah satu hal yang penting untuk dibicarakan. Dimana dengan memiliki stabilitas keuangan yang baik secara ekonomi, maka Anda bisa untuk melakukan banyak hal. Uang tersebut bisa untuk melakukan investasi, membeli mobil, rumah, pakaian, dan kebutuhan lainnya yang Anda perlukan. Selain mengetahui bagaimana caranya untuk dapat menghasilkan uang, hal lainnya yang harus diajarkan adalah dengan mempunyai jiwa hemat.

Bagi yang mempunyai jiwa hemat sendiri akan ada banyak keuntungan dan manfaat yang bisa didapatkan seperti misalnya:

  • Bisa untuk menyimpan uang dengan lebih lama dan tidak mudah untuk menghabiskannya dengan mudah.
  • Bisa untuk mengetahui mana barang yang dibutuhkan dan tidak dibutuhkan. Sehingga uang akan lebih hemat.
  • Bisa untuk berlaku apabila menggunakan hal lainnya bukan hanya dari uang. Seperti bagaimana caranya untuk hemat menggunakan listrik, bahan makanan, dan berbagai hal lainnya.

 

Karena berbagai manfaat diatas, maka diharapkan orangtua dapat untuk menanamkan jiwa hemat pada anaknya sedari dini. Sehingga bisa untuk menghasilkan orang yang mempunyai jiwa hemat dan akan menjadi kebiasaan hingga dewasa nantinya. Oleh karena itulah diharapkan untuk orangtua dapat menanamkan sikap hemat pada anaknya semenjak kecil dengan didikan yang tepat.

Cara menanamkan jiwa hemat sedari dini dengan sederhana yang bisa dilakukan tersebut misalnya adalah sebagai berikut:

  • Melatih untuk anak menabung semenjak dini yang bisa dimulai dengan diajarkan menabung lewat celengan, tabungan di sekolah, dan juga jenis tabungan lainnya. Sehingga ia akan semangat untuk menabung dan mengumpulkan uang dari tabungannya sendiri tersebut.
  • Melatih anak untuk tidak meminta banyak hal seperti mainan yang akan tidak membuatnya bosan. Akan lebih baik untuk tidak memanjakan anak dengan membelikan berbagai macam mainan yang kemudian tidak dipakainya.
  • Mengajarkan anak untuk membeli apa yang diperlukannya bukan yang diinginkannya saja.
  • Melatih anak untuk berhemat seperti dengan membawakan bekal ke sekolah dan menyisihkan uang jajannya untuk ditabung.
  • Mengajarkan anak untuk membeli barang tidak hanya dari harganya seperti dari merek tetapi dari kegunaannya.
  • Mengajarkan anak untuk membeli barang dengan memikirkannya lebih matang mengenai kegunaan sebelum akan membelinya.

 

Dan berbagai hal lainnya yang bisa diajarkan pada anak semenjak dini agar ia mempunyai jiwa yang hemat ketika tumbuh dewasa kelak. Selain itu juga penting untuk menanamkan sifat baik lainnya kepada anak semenjak dini seperti berbagi, menghargai, memaafkan, dan banyak lainnya. Sehingga ketika dewasa anak akan mempunyai prinsip yang baik yang mendasari pengetahuannya untuk bersikap di masyarakat. Akan tetapi hal yang paling penting adalah dengan memberikan contoh langsung secara nyata sehingga anak akan otomatis termotivasi apabila diberikan contoh langsung dari orangtuanya bagaimana bersikap hemat semenjak dini.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*