ajahemat December 5, 2017

Hidup boros seakan menjadi salah satu kebiasaan yang susah untuk ditinggalkan apalagi saat sesudah mendapatkan gaji atau uang bulanan. Akan tetapi hidup boros membuat Anda tidak bisa untuk memiliki simpanan yang cukup besar dan bisa membuat Anda terjerat hutang. Untuk mengatasi momok tersebut, terdapat beberapa cara hemat yang bisa Anda lakukan.

Pertama adalah dengan membawa uang secukupnya saat belanja dan daftar belanjaan. Sebelum Anda berbelanja apalagi saat tanggal tua dimana uang bulanan Anda menjadi semakin menipis, mau tidak mau Anda harus menyiapkan daftar barang belanjaan mana yang harus dibeli. Urutkan dari yang paling Anda butuhkan terlebih dahulu dan jika perlu diberi kisaran harga dari barang tersebut agar Anda bisa memperkirakan berapa banyak uang yang harus Anda bawa. Cara ini bisa membantu Anda tidak hanya menghemat uang namun juga terhindar membeli barang yang kurang Anda butuhkan.

Kedua adalah susun anggaran. Siapkan buku khusus dimana Anda akan mencatat tidak hanya pengeluaran namun juga pemasukan. Hitung pemasukan yang biasanya Anda peroleh dan simpan dahulu minimal 20-30% uang untuk ditabung. Perhitungkan berapa banyak pengeluaran bulanan wajib Anda misalnya untuk membayar listrik dan air, setelah itu pangkas pengeluaran yang tidak perlu misalnya buat pengeluaran ke salon dari 1 bulan sekali menjadi 3 bulan sekali. Pastikan jika total biaya yang Anda keluarkan tidak lebih dari uang pemasukan Anda.

Ketiga adalah dengan membuat skala prioritas. Pertimbangkan dan pikirkan mengenai barang mana yang harus dibeli terlebih dahulu misalnya antara komputer, kamera ataupun smartphone. Kesampingkan kebutuhan yang bisa Anda penuhi di lain waktu.

Keempat adalah hindari membeli barang yang tidak atau kurang Anda butuhkan. Terkadang godaan seperti barang yang lucu, beli 2 gratis 1, diskon hingga 70% menjadi godaan yang tidak tertahankan. Untuk menghindari hal tersebut, sebelum Anda menyentuh barang tersebut pertimbangkan apakah memang Anda sedang butuh barang tersebut atau tidak. Hal tersebut disebabkan karena biasanya, terutama wanita, jika sudah menyentuh barang besar kemungkinan akan membeli barang tersebut apalagi jika harganya terjangkau.

Cara lainnya untuk membasmi sifat boros adalah:

  • Yakinkan diri Anda terlebih dahulu agar tidak membeli barang yang tidak Anda butuhkan. Dengan cara tersebut, secara tidak langsung Anda akan mengingat apa yang sudah Anda niatkan tersebut.
  • Hindari untuk jajan seperti nongkrong di kafe terlalu sering. Anda tetap boleh berkumpul dengan teman Anda di kafe atau di tempat makan, namun, jangan terlalu sering karena secara tidak sadar uang akan terus berkurang apalagi jika setiap ngumpul Anda tidak hanya makan atau minum 1 jenis menu namun beberapa menu.
  • Buat catatan pengeluaran dan evaluasi per bulannya secara teratur untuk tahu pengeluaran Anda dan mengurangi pengeluaran yang berlebihan di bulan berikutnya.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*