ajahemat December 7, 2017

Memiliki penghasilan yang pas-pasan pasti membuat Anda bingung untuk mengatur keuangan Anda. Anda bahkan takut jika gaji Anda tidak dapat mencukupi kebutuhan Anda selama 30 hari kedepan hingga saat gajian datang lagi. Oleh karena itu Anda perlu membuat menajemen keuangan yang tepat untuk mengatur penggunaan uang gaji Anda sehingga bisa maksimal dan cukup hingga bulan depan. Kebutuhan untuk hidup saat ini mudah hanya dengan sandang pangan dan juga rumah saja. Tetapi saat ini kendaraan, isi ulang pulsa, dan masih sangat banyak lagi sangat diperlukan.

Bekerja dengan penghasilan yang rendah haruslah Anda jalani terlebih dahulu dari pada Anda menjadi seorang pengangguran yang tidak bekerja bahkan tidak ada penghasilan yang masuk kedalam kantong Anda. Sebenarnya gaji rendah atau tinggi itu sama saja tinggal bagaimana Anda bisa mengatur keuangan Anda saja dengan rinci. Penghasilan besarpun jika Anda tidak bisa mengelola uang dengan baik Anda pasti juga akan merasa kurang terus menerus. Jadi seberapapun penghasilan Anda lebih baik untuk Anda kelola dan gunakan secara tepat dan juga bijak.

Untuk mengatur keuangan atas gaji yang Anda dapatkan dengan baik yaitu dengan cara sebagai berikut ini:

  1. Membuat anggaran untuk belanja setiap bulannya sehingga semua yang akan Anda beli sudah terperinci dengan baik.
  2. Jika Anda mempunyai hutang, maka jangan lupa untuk melunasi hutang Anda atau bisa dengan mencicil hutang tersebut.
  3. Untuk setiap pengeluaran yang Anda keluarkan dengan menggunakan uang maka Anda wajib mencatatnya, sehingga pengeluaran Anda akan lebih terkontrol dan jika nantinya ada pengeluaran yang tidak penting maka Anda bisa melakukan evaluasi terhadap pengeluaran Anda.
  4. Tidak melakukan perjalanan yang dapat menghabiskan banyak uang. Mencari hiburan disela pekerjaan juga sangat perlu untuk merefresh kembali otak agar bisa berfikir dengan baik lagi. Tetapi ada baiknya jika Anda memilih tempat hiburan yang tidak mahal.
  5. Jangan membeli barang yang tidak Anda butuhkan. Jika Anda hanya menginginkan sesuatu barang tanpa Anda tahu kegunaan untuk kedepannya maka lebih baik untuk menunda pembelian barang tersebut.
  6. Jangan lupa untuk menyisihkan sebagian uang Anda untuk menabung, jika perlu Anda lebih baik untuk membuat reeking baru yang bisa Anda gunakan untuk menabung uang saja.

Menjadi karyawan sebuah perusahaan belum berarti kehidupan Anda akan terjamin sejahtera sehingga Anda ada baiknya untuk dapat mengatur segala pengeluaran dan pemasukan dengan sangat baik. Pastikan Anda tetap dapat memenuhi kebutuhan hidup Anda dengan penghasilan yang minimum. Lakukan menajemen keuangan yang baik untuk mengelola keuangan Anda sehingga Anda tetap dapat menyisihkan uang Anda untuk kebutuhan Anda lainnya.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*