ajahemat December 15, 2017

Memang hidup tidak akan terlepas dari yang namanya hutang, karena memang kebutuhan dalam hidup tidak bisa untuk dihindarkan yang mana kebutuhan akan selalu ada dalam kehidupan. Terlebih lagi bagi para masyarakat setempat yang selalu mengikuti gaya hidup modern dan kekinian. Bahkan untuk sekarang ini berhutang sudah menjadi hal yang wajar yang akan dilakukan oleh semua orang, karena memang untuk sekarang ini berhutang bukanlah menjadi hal yang memalukan, sehingga hampir semua orang tentu akan memiliki hutang sebagai cara untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Meskipun berhutang dijaman sekarang ini tidak lagi menjadi hal yang memalukan, akan tetapi berhutang tetap saja menjadi hal yang menjadikan kehidupan kurang bahagia, oleh sebab itulah pentingnya bagi Anda melakukan rahasia yang sangatlah penting agar Anda terhindar dari yang namanya hutang. Perlu untuk Anda ketahui bahwa hidup tanpa berhutang maka akan membuat hidup Anda lebih bahagia lagi.

Menghindarkan hidup dari hutang tentunya tidaklah mudah, karena memang hutang dijaman sekarang ini sudah mendarah daging dikalangan para masyarakat, sehingga membutuhkan teknik-teknik yang cerdas agar Anda terhindar dari yang namanya hutang. Asalkan Anda bisa melakukan teknik yang tepat dan benar agar Anda terhindar dari yang namanya hutang yang bisa menjadikan hidup Anda tidak akan pernah bahagia, karena Anda harus terlilit hutang.

Berikut ini ada teknik cerdas yang bisa untuk Anda lakukan agar Anda bisa terhindar dari hutang, yaitu sebagai berikut ini:

 

  • Cobalah menuliskan daftar hutang yang Anda miliki, baik untuk hutang terkecil hingga hutang paling besar.
  • Lakukan penjumlahan pada hutang Anda secara keseluruhan dan lakukan perhitungan pada cicilan yang harus Anda bayarkan pada setiap bulannya atau pada periode lainnya.
  • Lakukan pembayaran hutang secara rutin, sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.
  • Anda bisa untuk membayar hutang Anda dari yang terkecil terlebih dahulu agar hutang Anda sedikit berkurang.
  • Apabila hutang yang satu sudah terlunasi, maka Anda bisa untuk menggunakan uang lainnya untuk membayar cicilan hutang yang lainnya.
  • Lakukan pembayaran hutang secara rutin agar hutang Anda dapat segera terlunasi dan beban Anda pun akan lebih berkurang.
  • Jangan membiasakan diri untuk berhutang.

 

Besar maupun kecil hutang yang Anda miliki, tentunya janganlah Anda biarkan dan janganlah Anda sepelekan begitu saja, karena hal yang kecil bisa berubah besar jika Anda menyepelekannya. Terlebih lagi jaman sekarang ini sudah ada banyak sekali kemudahan cara melakukan hutang. Sehingga cobalah bentengi diri Anda agar tidak mudah tergiur untuk kemudahan dan kepraktisan dalam meminjam uang atau berhutang dijaman sekarang ini. Dengan begitu maka jadilah orang yang lebih cerdas dan lebih bijak dalam mengatur financial Anda.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*