ajahemat December 19, 2017

Ada begitu banyak hal yang harus dicermati saat menyinggung masalah keuangan. Apalagi yang berkaitan dengan pos penting dalam keuangan. Selain pengeluaran rutin serta tabungan, dana darurat serta investasi adalah hal yang tidak kalah penting dalam segi keuangan. Dua pos ini menjadi sebuah sumber dana untuk mengatasi serangkaian hal yang tidak diduga. Bukan hanya salah satu diantaranya saja, bagi sebagian besar orang, keduanya sering tidak diadakan dalam perencanaan keuangan.

Pengadaan dana darurat serta investasi bisa membantu kondisi keuangan menjadi aman dan kokoh. Dana darurat menjadi dana yang dapat dialokasikan untuk berbagai macam kondisi darurat yang terjadi di kehidupan dimana kita tidak mempunyai uang yang cukup untuk mengatasinya. Kondisi ini bisa saja terjadi setiap saat serta memerlukan sejumlah dana yang bisa dikatakan cukup besar. Contohnya seperti kecelakaan, sakit, PHK hingga perbaikan rumah karena bencana alam.

Berbagai macam kondisi darurat harus diantisipasi dengan baik dari awal, sehingga berbagai macam kebutuhan selama menghadapi keadaan tersebut dapat terpenuhi dengan baik serta kehidupan berjalan dengan normal. Bagaimana dengan investasi? Investasi adalah hal yang tidak kalah penting di dalam keuangan, karena kegiatan ini bisa mempermudah kita untuk mencapai berbagai macam tujuan dalam keuangan. Ada berbagai hal yang ingin dicapai dalam kehidupan kita, dimana hal ini memerlukan sejumlah dana yang bisa dikatakan cukup besar. Berbagai hal yang membutuhkan dana cukup besar tidak mudah dicapai dalam waktu yang singkat, sehingga kita memerlukan dana investasi untuk lebih mudah memenuhinya.

Bila melihat fungsinya, baik dana darurat atau pun investasi merupakan hal yang sama penting untuk keuangan kita. Bukan hanya untuk masa yang akan datang tetapi keduanya dapat menjadi penyelamat keuangan bila sewaktu-waktu Anda mengalami resiko keuangan. Mempersiapkan dana darurat serta investasi bukan menjadi sebuah hal yang mudah, apalagi bila selama ini Anda tidak pernah melakukannya sekalipun. Tetapi, bila melihat manfaatnya yang sangat besar, tidak ada alasan untuk kita menunda pengadaan dana ini bukan?

Sebelum persiapan dana darurat serta investasi, kita harus mengetahui dengan baik jumlah yang sesuai dan tepat sesuai dengan kebutuhan kita terlebih dulu. Hal ini bisa membantu sehingga kita bisa memperoleh manfaat yang paling maksimal dari pengadaan pos tersebut dalam keuangan. Untuk dana yang bersifat darurat, masing-masing orang akan memerlukan jumlah berbeda, bergantung dari keuangan bulanan. Jika Anda masih lajang serta belum mempunyai tanggungan, besarnya dana darurat ini sebesar 6X pengeluaran setiap bulan. Jika Anda sudah menikah namun belum mempunyai anak, besarnya dana darurat yang bisa Anda siapkan sebesar 9 kali dari pengeluaran Anda. Sedangkan jika telah menikah serta memiliki anak dibutuhkan 12 kali dari pengeluaran Anda.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*