ajahemat December 20, 2017

Mengatur keuangan itu merupakan salah satu masalah yang tidak sederhana, walaupun itu hanya dalam lingkup kecil yaitu keluarga. Jika Anda tidak bisa mengolahnya secara baik tentu antara pengeluaran serta pemasukan tidak bisa seimbang. Secara otomatis hal itu yang menjadi sebab utama timbulnya utang piutang harus dilakukan. Dan hal itu pasti akan menimbulkan masalah-masalah keuangan baru kedepannya. Jadi Anda sebagai seorang istri ataupun calon istri harus paham terlebih dahulu cara mengatur keuangan supaya tetap stabil seterusnya.

Jika Anda dapat mengaturnya dengan baik tentu masalah keuangan bukan lagi hal yang sulit, bahkan Anda masih mempunyai sisa uang yang dapat dijadikan sebagai bentuk tabungan ataupun investasi keluarga dimasa depan. Nah, berikut ini ada beberapa tips cara mengatur keuangan yang tepat yaitu:

  • Susun biaya operasional bulanan.

Anda bisa mengumpamakan bahwa rumah tersebut merupakan perusahaan yang mempunyai pendapatan, pengeluaran, kas dan juga tabungan. Pertama kalinya Anda harus mencatat terlebih dahulu apa saja kebutuhan operasional setiap harinya dalam sebulan yang harus memerlukan pengeluaran uang.

  • Buat catatan biaya prioritas.

Biaya prioritas merupakan salah satu jenis biaya yang memang benar-benar tidak bisa ditunda dan harus dipenuhi. Nah, dalam hal ini Anda harus bisa membedakan kebutuhan mana yang termasuk dalam prioritas sampai dengan hanya sebagai kebutuhan pelengkap. Buatlah catatan dan masukkan dalam daftar biaya yang harus dikeluarkan.

  • Catat pemasukan dengan baik.

Setiap hari, minggu ataupun bulan pasti setiap keluarga mendapatkan pemasukan dari pendapatan setelah bekerja. Anda harus membuat catatan tersebut dalam sebuah buku, sekecil apapun pemasukan harus Anda catat.

  • Pahami permasalahan.

Umumnya masalah yang sering muncul dalam keuangan rumah tangga ataupun perusahaan adalah kemampuan seseorang dari pemasukan yang lebih kecil dari pada pengeluaran. Hal tersebut secara otomatis akan menjadi permasalahan yang harus diselesaikan. Anda harus dapat memahami dan mencari solusi, misalnya mencari tambahan uang atau juga melakukan penghematan.

  • Biaya lain.

Sebagai manusia yang hidup dalam lingkungan sosial yang erat kaitannya dengan unsur kekeluargaan tentu ada saja kebutuhan secara mendadak yang harus dikeluarkan. Misalnya seperti sumbangan pernikahan, meninggal, orang sakit ataupun kebutuhan lainnya. Anda juga harus menyisihkan uang untuk jaga-jaga jika suatu saat ada biaya yang harus dikeluarkan secara mendadak.

Dengan beberapa tips dan trik pengaturan yang tepat tentunya keuangan Anda tidak akan mengalami masalah. Kalaupun ada masalah harus segera untuk menemukan solusi yang baik, jangan sampai Anda melakukan pinjaman yang akhirnya memberatkan. Walaupun begitu bukan berarti pinjaman itu dilarang, namun Anda harus mempertimbangkan beberapa hal sebelum melakukannya. Misalnya dari bunga pinjaman, besar angsuran sampai dengan kemampuan Anda selama membayar cicilan.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*