ajahemat December 22, 2017

Uang merupakan salah satu dari bagian aktiva lancar yang dalam penggunaannya dapat berkurang bila ada pengeluaran dan dapat bertambah jika ada pemasukan. Sebagai seorang mahasiswa memiliki uang dan mengatur pengeluarannya sangatlah susah karena pemasukan hanya dari satu pihak yaitu orang tua tetapi untuk pengeluarannya bisa untuk berbagai macam. Oleh karena itu diperlukan cara untuk mengatur keuangan yang benar agar Anda dapat menggunakan uang Anda dengan baik. Memiliki manajemen keuangan yang baik bagi mahasiswa sangat diperlukan karena tingkat pengeluaran uang yang sangat banyak.

Sebagai seorang mahasiswa ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar keuangan Anda tetap stabil seperti berikut ini:

  1. Biasakan untuk sarapan dirumah, karena jika Anda sarapan diluar Anda harus mengeluarkan dan jika Anda sarapan dirumah Anda itu gratis. Sehingga uang Anda dapat Anda gunakan untuk kebutuhan lainnya.
  2. Membuat daftar keperluan selama satu bulan, seperti uang pembayaran kos, uang fotocopy uang makan dan lain sebagainya. Buatlah urutan pengeluaran dari yang sangat dibutuhkan terlebih dahulu.
  3. Jika Anda melakukan pengeluaran, lakukan pencatatan yang baik. Sehingga pengeluaran Anda dapat terkontrol dengan baik.
  4. Membedakan antara keinginan dan kebutuhan. Membeli barang jangan hanya karena Anda menginginkannya tapi beli lah barang yang Anda butuhkan, karena yang tidak penting dan hanya keinginan Anda itu hanya akan membuang-buang uang Anda saja.
  5. Memasak dan membawa bekal saat kuliah sehingga uang jajan Anda akan lebih berkurang.
  6. Mencari kerja paruh waktu agar penghasilan Anda bertambah.
  7. Jangan terlalu sering bepergian ke tempat yang tidak penting.
  8. Pastikan Anda menghemat setiap pengeluaran Anda.

Mengatur keuangan yang baik dapat Anda lakukan sebagai seorang mahasiswa yang notabene lebih pintar dalam persoalan perhitungan. Pastikan Anda mencatat pemasukan dan pengeluaran uang Anda sehingga semuanya dapat terkontrol dengan baik. Jika ada pengeluaran yang tidak penting yang telah Anda lakukan maka untuk kedepannya Anda bisa mengubah pengeluaran Anda itu. Dahulukan setiap apa yang Anda butuhkan dalam pengeluaran jangan sampai saat Anda ingin membeli barang yang sangat Anda butuhkan uang Anda sudah habis untuk barang yang hanya Anda inginkan saja.

Sebagai seorang mahasiswa mengatur keuangan dengan baik adalah suatu keharusan apalagi untuk mahasiswa yang tinggal jauh dari orang tuanya. Sehingga semua pengeluaran harus diatur sendiri dan agar uang Anda dapat bertahan hingga akhir bulan atau saat orang tua melakukan transfer lagi Anda harus pintar-pintar dalam mengaturnya. Pastikan Anda tidak bingung hingga akhir bulan datang karena uang jatah bulanan Anda sudah habis untuk kegiatan yang tidak penting. Supaya waktu Anda lebih terisi sebagai mahasiswa dan tidak menghabiskan uang untuk berjalan jalan maka Anda juga bisa mengikuti organisasi kampus yang bisa menyibukkan waktu Anda.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*