ajahemat December 23, 2017

Usia masih muda, sudah bekerja dan punya penghasilan yang cukup tentu adalah waktu-waktu yang menyenangkan. Anda tentu bisa menikmati masa-masa dengan lebih mudah karena segala kebutuhan mampu terpenuhi dengan mudah. Di masa ini, banyak juga para pekerja muda kemudian bisa menjalankan hobinya serta melakukan berbagai hal menyenangkan. Memang seolah hal tersebut sah-sah saja dilakukan mengingat Anda masih muda dan punya penghasilan sendiri, tapi di balik semua itu pasti ada efek negatifnya.

Sebagian besar pekerja usia muda justru kerapkali memiliki kondisi keuangan tak sehat dan bahkan bermasalah karena gaya hidup kesehariannya. Kadang masalah ini dianggap sepele dan akhirnya justru membengkak dan menjadikan masalah besar. Jika Anda tidak mau demikian, maka ada baiknya lakukan beberapa hal ini di usia muda Anda:

  • Kelola keuangan

Gaji habis ketika tanggal turun gaji masih jauh adalah kondisi yang begitu umum dirasakan. Jika terjadi terus menerus tentu tidak akan bagus karena Anda beresiko berhutang. Oleh karena itu kelola keuangan dengan baik sejak muda yaitu dengan menganggarkan keuangan Anda. Dengan menganggarkan keuangan, maka alokasi uang yang keluar selalu dalam jumlah dan takaran yang benar misalnya untuk kebutuhan pokok, tabungan, jaga-jaga hingga investasi.

  • Tabungan dan investasi

Menunda menabung adalah hal yang sangat salah dilakukan. Oleh karena itu ada baiknya untuk selalu menyisihkan keuangan setiap bulannya khusus tabungan. Selain tabungan jangan lupa juga untuk memulai investasi, terlebih sejak Anda di usia muda. Dengan cara ini, maka Anda akan punya perencanaan keuangan di masa depan yang lebih baik sehingga masa depan pun akan lebih terjamin.

  • Siapkan selalu dana darurat

Dalam hidup tidak pernah ada yang tahu apa yang akan terjadi nantinya. Umumnya berbagai macam kondisi tak pasti ini nantinya selalu ada hubungannya juga dengan keuangan. Oleh karena itu ada baiknya untuk selalu siapkan dana darurat sebagai cadangan dalam kondisi apapun. Untuk itu selalu anggarkan beberapa rupiah uang setiap setelah gajian untuk menjadi dana darurat Anda.

  • Belanjakan dengan bijak

Meski Anda masih muda dan memiliki penghasilan yang cukup, namun bukan berarti Anda boleh membelanjakan uang dengan sembarangan. Selalu belanjakan uang dengan bijak sesuai anggaran dan sesuai kebutuhan. Jangan sampai semua pengeluaran bersifat konsumtif tersebut sampai menghabiskan gaji Anda karena tentu akan sayang sekali bukan? Selalu prioritaskan kebutuhan dulu dalam segala pembelanjaan.

Itulah beberapa hal yang wajib Anda lakukan selagi masih muda sehingga tidak akan menghadapi masalah keuangan di masa depan. Sedari muda, ada baiknya tetap berfokus untuk kemakmuran di masa depan sehingga Anda bisa lebih berhati-hati dalam memanfaatkan keuangan.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*