ajahemat December 25, 2017

Anda memiliki masalah sulit untuk menabung setiap bulannya? Tentu hati akan mudah was-was karena adanya tabungan memberikan banyak dampak positif bagi sektor keuangan. Anda yang selama ini memiliki penghasilan tetap usahakan untuk melek masalah finansial supaya masa depan lebih terjamin. Ketika memiliki masalah untuk menabung baiknya segera mencari solusi terbaiknya supaya bisa segera terselesaikan dan mampu menyiapkan masa depan yang cerah. Kalau tidak dimulai dari sekarang maka dijamin keteteran apalagi masa produktif masing-masing orang cenderung terbatas.

Mengatasi kesulitan Anda dalam menabung secara efektif dan efisien, maka beberapa kiat cerdas berikut sangat cocok diaplikasikan:

  • Memilih tempat menabung secara cermat,

Tempat untuk menabung bisa dikatakan sangat banyak, mulai dari koperasi sampai perbankan dengan konsep syariah maupun konvensional. Ketika menabung usahakan memilih bank dengan syarat dan ketentuan tabungan yang memberi keuntungan. Langkah ini akan sangat membantu meningkatkan nilai tabungan secara signifikan, sehingga jangan asal menabung sebelum memeriksa karakter tabungan di bank tersebut.

  • Membeli beberapa produk investasi di pasar modal,

Berinvestasi menjadi salah satu solusi terbaik memanfaatkan gaji bulanan di usia muda untuk menyiapkan dana pensiun. Pasar modal menjadi tujuan yang tepat karena proses investasinya jauh lebih mudah dan tentunya terjangkau sehingga bisa dimulai sejak sekarang. Anda pun dianjurkan memiliki produk investasi pasar modal yang berbeda-beda sebab dengan membagi modal investasi maka keuntungan yang didapat akan meningkat. Resiko merugi pun bisa diperkecil karena post investasi yang dimiliki tidak hanya satu.

  • Membeli aset yang laku dijual lebih tinggi,

Aset yang dimiliki juga bisa disebut sebagai tabungan namun dalam bentuk fisik bukan sekedar helaian uang kertas. Anda bisa mengusahakan membeli beberapa jenis aset untuk dijadikan sebagai tabungan di masa mendatang. Namun jangan sembarang aset sebab beberapa aset memiliki penurunan nilai, misalnya untuk kendaraan. Anda boleh membeli mobil dan tetap dikatakan tabungan namun saat butuh uang dan dijual maka laku lebih murah dibanding harga saat dibeli. Bandingkan dengan sepetak tanah maupun rumah, dijamin saat dijual memberi keuntungan yang fantastis.

  • Mencoba membuka sebuah usaha,

Membuka usaha juga merupakan tindakan tepat dalam menyiapkan keuangan di hari tua, sebab bisa memberi penghasilan jangka panjang. Tentunya resikonya tetap ada dan bisa jadi malah gulung tikar maka persiapkan diri sebaik mungkin sebelum merintisnya. Efek positifnya adalah ketika usaha ini berkembang maka keuntungan yang diberikan akan ikut meningkat. Nantinya di hari tua Anda dikenal sebagai konglomerat pemilik usaha di bidang tertentu dan memberi inspirasi untuk banyak orang. Memiliki hari tua yang demikian, kira-kira siapa yang akan menolak?

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*