ajahemat January 1, 2018

Mendapat gajian menjadi kabar gembira dan pastinya ingin menyisihkan uang untuk berkumpul bersama teman-teman. Tetapi kadang-kadang anak muda lupa untuk membuat perencanaan uang sehingga keterusan dan lepas kontrol. Akibatnya di akhir bulan hanya bisa berpangku tangan. Apalagi di event tahun baru, Anda pasti ingin merencanakan pesta kecil-kecilan bersama teman. Jangan sampai acara seperti ini lebih membuat Anda kurang memperhatikan keuangan.

Menanamkan kebiasaan menabung sejak dini sangat diperlukan, karena jika sejak dini saja sudah boros mata maka kebiasaan tersebut akan terbawa sampai dewasa. Apalagi jika sudah bekerja, merasa mempunyai pendapatan sendiri akhirnya menghambur-hamburkan uang untuk hal yang tidak perlu. Jangan lupa untuk menetapkan target menabung, entah itu 20% dari gaji atau 30% nya. Jika Anda tidak bisa menyimpan tabungan sendiri, cobalah menggunakan metode menabung di bank deposit. 

Mencatat segala pengeluaran dan pemasukan perlu juga dilakukan sebagai bahan evaluasi agar tidak boros kedepannya. Jika Anda malas membuat pembukuan, Anda bisa mengunduh aplikasi pencatat keuangan di smartphone. Sebagian besar wanita suka berbelanja, oleh karena itu pintar-pintarlah dalam memprioritaskan pembelian. Jangan membeli barang yang tidak perlu dan ingatlah menabung sedikit tidak ada salahnya untuk berjaga-jaga dalam situasi darurat.

Berikut adalah cara untuk tetap bisa hangout dengan teman meskipun perlu menabung:

  • Batasi pengeluaran.

Buat jadwal dengan teman-teman, bila misalnya seminggu Anda diperlukan sekali untuk hangout, tetapkan batas maksimal dalam pengeluaran. Misalnya dalam sekali hangout, Anda menghabiskan uang Rp 100.000, jadikan itu batas maksimal agar pemesanan makanan bisa menyesuaikan.

  • Makan berat sebelum hangout.

Agar tidak terlalu boros, ada baiknya jika Anda makan berat terlebih dahulu ketika di rumah. Sehingga ketika hangout, Anda hanya perlu memesan makanan penutup dan minuman.

  • Siap menanggung resiko.

Apabila Anda tahu hobi Anda hangout dengan teman dan dana yang keluar juga tidak sedikit, maka harus siap untuk menanggung resiko lebih hemat di hari-hari selanjutnya.

  • Mengajak lebih dulu.

Biasanya kita merasa tidak enak kepada teman yang sudah mengajak hangout tetapi tidak bisa datang. Ganti kebiasaan tersebut dengan mengajak lebih dulu teman-teman Anda, supaya nanti jika keuangan sedang menipis mereka juga tidak akan memaksa agar Anda bergabung dengannya.

  • Hangout sesuai kemampuan.

Di zaman yang semakin maju ini biasanya rasa gengsi juga ikut memuncak. Sehingga banyak yang berlagak memiliki uang banyak dan makan di restoran mahal padahal sebenarnya keuangannya sedang menipis. Oleh karena itu, berlagaklah sesuai dengan kemampuan Anda. Jika dana Anda sedang-sedang saja, maka ajak teman untuk hangout di cafe yang murah-murah.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*