ajahemat January 3, 2018

Sudah menjadi salah satu kebiasaan penting ketika Anda jalan-jalan ke minimarket untuk berbelanja berbagai macam kebutuhan keluarga dan juga mencari produk cemilan. Bahkan bisa jadi 5 kali dalam seminggu Anda akan selalu datang ke pusat perbelanjaan atau minimarket ini. Senang memang ketika mengunjungi tempat yang satu ini karena bisa melihat berbagai macam produk makanan, produk kecantikan, minuman dan berbagai jenis yang lainnya terpanjang secara rapi. Bahkan secara tidak langsung terkadang sering kali memasukkan berbagai macam barang ke dalam kantong belanja Anda.

Ketika sudah sampai ke kasir ternyata jumlah yang harus dikeluarkan untuk pembayarannya tergolong sangat tinggi. Tak bisa dipungkiri memang jika seandainya ketika sudah sampai ke sebuah pusat perbelanjaan barang apa yang sebenarnya ingin dibeli selalu ditambah dengan berbagai macam produk yang lainnya, bahkan nilainya melebihi keuangan yang sudah dibawa. Berikut ini setidaknya ada beberapa cara untuk menyiasati kalap belanja di minimarket, yaitu:

  1. Mulai dengan membuat daftar belanja, agar tak melebar produk apa yang nantinya dibeli, maka akan jauh lebih aman jika sebelumnya dibuat catatan belanja, apa sajakah yang ingin dibeli disertai dengan harga barang, kisaran saja. Sehingga tau berapa nantinya nilai yang harus dikeluarkan.
  2. Bawa uang dalam jumlah pas, jika bisa memang harus lebih, namun jangan terlalu banyak. Dengan cara ini memungkinkan Anda membatasi pengeluaran, benar-benar membeli apa yang dibutuhkan, sedangkan yang lainnya akan dikesampingkan karena tau bahwa uang tak akan cukup.
  3. Jangan bawa kartu kredit maupun kartu debit, percuma sudah menyiasati dengan membawa uang pas namun ternyata masih menyelipkan kartu kredit dalam dompet. Karena sebenarnya sadar atau tidak dengan menggunakan kartu pembayaran ini justru akan semakin membengkaknya pengeluaran Anda. Mengingat ada suku bunga juga yang nantinya harus ditanggung.
  4. Banding-bandingkan harga, siasat belanja lebih hemat adalah dengan mencari alternatif mana yang lebih murah dengan membandingkan satu merk barang dengan yang lainnya. Misalnya saja adalah mie instan, pastinya antara satu merk dengan yang lainnya adalah memiliki selisih harga, bisa pilih mana yang paling murah.
  5. Ada promo maka bisa dimanfaatkan, minimarket juga tak jarang memberikan promo produk, misalnya beli 2 gratis satu ataupun dengan membeli produk tertentu akan diberikan bonus hadiah satu jenis produk. Ini bisa menjadi salah satu pilihan terbaik untuk menghemat pengeluaran, namun ingat hanya barang yang benar-benar dibutuhkan saja.
  6. Gunakan member card, satu keuntungan ketika membayar menggunakan kartu member adalah ada gratisan yang diberikan, baik itu dalam bentuk potongan harga, point reward maupun yang lainnya.

Sekarang tak perlu takut lagi kalap belanja di minimarket yang selalu membuat keuangan anda membengkak.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*