ajahemat January 4, 2018

Setiap orang memiliki kebiasaan tertentu yang bisa bermanfaat namun juga bisa menyebabkan kerugian tertentu, salah satunya adalah kebiasaan di bidang finansial. Kebiasaan berikut ini kerap dilakukan dan tidak sedikit yang menyadarinya namun tetap mengeluarkannya karena beragam alasan misalnya untuk kepuasan pribadi. Sehingga seberapapun banyaknya penghasilan yang Anda miliki namun Anda tetap melakukan hal berikut ini, justru bisa membuat kantong Anda menjerit.

Pertama adalah berbelanja secara berlebihan. Setiap orang bebas untuk berbelanja dan menggunakan uang yang diperoleh misalnya dari gaji yang baru saja diterima. Akan tetapi, berbelanja secara berlebihan bisa menyebabkan kondisi keuangan Anda dalam keadaan yang gawat. Beberapa hal yang menjadi penyebab seseorang melakukan belanja secara berlebihan, terutama wanita, yaitu:

  • Ingin membeli perlengkapan atau barang yang bisa membuat dirinya cantik.
  • Stress sehingga menyalurkan stress tersebut dengan kegiatan seperti belanja.
  • Sebagai penghargaan untuk diri Anda sendiri atas kerja keras yang Anda lakukan.
  • Rasa iri misalnya melihat teman memiliki barang A, Anda juga tidak mau kalah dan membeli barang A dan B sehingga bisa dipamerkan.
  • Promo yang sedang diberikan. Promo tersebut bisa saja berupa potongan harga ataupun cashback.

Kedua adalah terlalu bergantung pada kartu kredit. Tidak sedikit yang masih menganggap jika kartu kredit adalah kartu surga yang bisa dipergunakan untuk membeli beragam jenis barang yang diinginkan. Akan tetapi, kartu kredit tersebut memiliki limit dan nantinya setelah Anda menggunakan kartu kredit tersebut, Anda tetap harus membayar tagihan yang diberikan oleh penerbit kartu kredit beserta dengan biaya lainnya misalnya bunga. Ketidaksadaran akan limit kartu kredit dan tagihan tersebut bisa menyebabkan pengguna lupa diri saat menggunakan kartu kredit yang dapat menyebabkan tagihan membengkak.

Ketiga adalah masih belum bisa membedakan antara keinginan dan kebutuhan. Walaupun sudah dewasa, tidak jarang yang belum dapat membedakan mana yang kebutuhan dan mana yang keinginan sehingga hal tersebut menyebabkan Anda membeli barang yang seharusnya tidak diperlukan. Untuk mengantisipasinya, Anda pikirkan dahulu apakah barang tersebut benar-benar sedang Anda butuhkan atau hanya Anda inginkan sesaat dan kemudian barangnya akan Anda simpan.

Keempat adalah terlalu sering nongkrong. Tidak jarang untuk temu kangen dengan teman, apalagi yang sudah lama tidak dijumpai, nongkrong atau bertemu dan makan di tempat makan seperti di restoran ataupun cafe menjadi pilihan. Akan tetapi, cara tersebut justru bisa membuat kantong Anda menipis tanpa Anda sadari. Walaupun Anda hanya membeli minuman misalnya es teh yang harganya Rp 3.000, namun jika Anda nongkrong setiap hari dalam 1 minggu, pengeluaran Anda bisa mencapai Rp 21.000 per minggu dan jika Anda melakukannya dalam 1 bulan, tanpa disadari, uang yang harus dikeluarkan dapat mencapai Rp 84.000.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*