ajahemat January 5, 2018

Tak hanya keluarga kecil saja, bahkan para bujangan pernah yang namanya mengalami krisis keuangan, kondisi yang seperti ini mau tak mau pastinya membuat Anda harus ambil tindakan hutang agar nantinya tak bertambah semakin buruk. Hanya krisis jika tak segera diatasi dampaknya juga kurang begitu baik untuk kondisi keuangan Anda. Maka mau tak mau pastinya harus segera ambil tindakan atau solusi untuk mengatasinya. Agar masalah keuangan menjadi normal kembali, karena bisa jadi krisis menjadi awal kebangkrutan, bahkan beberapa kondisi seperti diantaranya untuk pasangan suami istri muda, maka banyak diantaranya yang memutuskan untuk berpisah karena tak sanggup menghadapi kondisi keuangan bersama.

Berikut ini setidaknya ada beberapa solusi untuk kembali memulihkan kondisi keuangan Anda yang mengalami krisis, diantaranya adalah:

  1. Mulailah untuk membuat daftar prioritas, terkadang krisis disebabkan oleh ha-hal yang sebenarnya tak penting, namun terjadi pada kondisi keuangan Anda, untuk menyiasati hal tersebut maka bisa dengan membuat catatan atau daftar prioritas kebutuhan, dimulai dari biaya konsumtif untuk makan dan juga minum yang paling utama, kemudian disertai dengan beban seperti listrik dan air.
  2. Jika ada tawaran harga diskon atau promo, maka jangan menyia-nyiakan hal tersebut. Lumayan karena bisa menekan pengeluaran keluarga, namun penting juga untuk membatasi diri, jangan jadikan diskon atau promo sebagai alasan untuk mulai menghamburkan uang pada beberapa barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Karena kebanyakan diantara masyarakat memang seperti ini. Dengan adanya diskon malah melubangi kantong mereka.
  3. Manfaatkan kartu kredit, jika memang memiliki sarana pembayaran yang satu ini, maka bisa dipergunakan sebaik-baiknya sebelum memutuskan untuk berhutang ke bank atau sahabat, setidaknya kartu kredit bisa membantu mengatasi keuangan yang bermasalah untuk beberapa waktu kedepan, dengan keuntungan yaitu nilai bunga yang diberikan tidak terlalu tinggi. Prioritaskan penggunaan kartu kredit ini untuk membeli produk kebutuhan sehari-hari.
  4. Cari alternatif agar pengeluaran menjadi jauh lebih hemat, misalnya adalah gaya hidup atau pola makan, biasanya selalu mengkonsumsi daging 3 kali sehari, maka untuk menekan pengeluaran mulai ganti menu Anda, batasi daging hanya satu kali dalam sehari. Sedangkan untuk dua kali waktu makan bisa diganti dengan menu lainnya yang lebih hemat, namun tetap kaya akan gizi.
  5. Tidak mencari hiburan yang berbayar, misalnya sekali dalam seminggu selalu dihabiskan untuk jalan-jalan bersama dengan keluarga di mall sambil berbelanja banyak barang, maka mulai ubah cara menghabiskan liburan Anda, carilah alternatif lainnya yang lebih hemat untuk dilakukan.

Itulah cara mudah untuk keluar dari krisis keuangan rumah tangga agar tak berdampak buruk.

 

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*