ajahemat January 9, 2018

Semakin kesini membuat masyarakat diperkenalkan akan berbagai hal yang memudahkan mereka untuk mengerjakan berbagai macam hal. Diantaranya adalah untuk mendapatkan pemasukan, begitu juga untuk menghabiskannya. Untuk itulah jika tidak mengubah gaya hidup sedini mungkin tentunya akan sangat berbahaya bagi keuangan Anda. Bisa jadi besar pasak daripada tiang nantinya. Itulah mengapa saat pemasukan kian tinggi, agaknya jangan diimbangi dengan pengeluaran atau konsumsi yang kian besar pula. Justru lebih baik disiasati dengan penyimpanan yang kian tinggi.

Sehingga di masa yang akan datang rencana-rencana untuk membangun rumah atau membeli kendaraan juga dapat terealisasikan secara cepat dan mudah. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan membuat 2 tabungan berbeda. Beberapa orang mungkin menganggap dengan pembuatan 2 jenis tabungan ini justru akan mengacaukan management keuangan, karena merasa simpanan mereka sudah cukup banyak. Justru sebaliknya, 2 buah tabungan ini nantinya justru akan mempermudah mengatur keuangan di masa yang akan datang.

Ada beberapa tips mempermudah menabung dalam 2 tabungan yang berbeda, diantaranya adalah:

  1. Pakai sistem autodebet, sistem yang satu ini umumnya banyak dimanfaatkan oleh sebuah kantor atau perusahaan besar, sehingga membuat isi tabungan mereka lebih cepat gendut atau penuh, karena memang setiap gaji yang masuk akan langsung dimasukkan ke sebuah rekening tabungan, sehingga hanya sisanya yang bisa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Sangat disarankan khususnya adalah bagi Anda yang memiliki pekerjaan dengan gaji tetap.
  2. Catatlah setiap pengeluaran Anda, ada baiknya setiap yang keluar dan juga masuk selalu ada perinciannya, sehingga jelas digunakan untuk kegiatan apapun, jadi di bulan yang akan datang beberapa hal yang tidak penting jangan dibeli lagi, segera masukkan uang tersebut ke tabungan.
  3. Sediakan tabungan di bank dan tabungan manual, selain dengan menggunakan 2 tabungan di bank atau lembaga keuangan, maka bisa mencoba alternative yang satu ini, yaitu tabungan manual. Sehingga untuk uang yang tidak terprediksikan sisanya bisa dimasukkan dalam tabungan manual, sedangkan untuk menabung dalam jumlah yang pasti bisa lewat system autodebet yang sudah ada.
  4. Bawa uang tunai saja saat ingin bepergian, khususnya berbelanja, dengan uang tunai ini memungkinkan mencegah terjadinya pengeluaran tambahan, apalagi untuk seorang wanita yang terkadang khilaf ketika sudah bertemu dengan barang-barang bagus.
  5. Sebisa mungkin hendaknya hindari membuat kartu kredit, meskipun di satu sisi ada banyak keuntungan yang didapatkan, namun pembuatannya justru lebih banyak merugikan Anda, mulai dari tambahan biaya bunga hingga terkadang membuat lupa diri.

 

Setidaknya itulah beberapa hal yang bisa dilakukan agar bisa menabung dalam 2 tabungan berbeda, sehingga nantinya keuangan jadi lebih baik dan masalah keuangan teratasi juga.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*