ajahemat January 12, 2018

Tren menikah di usia muda nampaknya sekarang menjadi salah satu yang banyak sekali dilakukan oleh pasangan muda. Bahkan ada beberapa yang baru saja menjalin kasih lalu pada akhirnya mereka memutuskan untuk menikah. Padahal jika melihat dari sisi keuangan hal ini merupakan hal yang riskan, terlebih jika pernikahan ini terjadi diantara pasangan yang masih berusia 18-22 tahun. Pada usia ini beberapa remaja masih ada banyak yang belum matang secara finansial. Namun hal ini tidak menutup kemungkinan untuk mereka yang sudah berpenghasilan tetap.

Ada sejumlah tips yang bisa dijalankan agar bisa mendapatkan kondisi ekonomi yang matang pasca menikah terutama yang menikah pada usia muda. Tips keuangan ini diharapkan akan membuat tidak munculnya masalah keuangan pasca menikah. Berikut ini adalah tipsnya antara lain:

  1. Menunda bulan madu, ini merupakan tips utama yang bisa dilakukan oleh pasangan yang menikah muda. Karena bulan madu biasanya akan memakan banyak sekali biaya. Ada baiknya memang jika bulan madu dilaksanakan jika keduanya sama-sama sudah siap dan juga bisa dilakukan pada saat sudah memiliki tabungan.
  2. Menunda kehamilan, ini juga menjadi salah satu cara terbaik, ada baiknya mulai merencanakan program kehamilan setelah memasuki usia pernikahan ke 2 tahun dan tentunya pada saat sudah memiliki finansial yang lebih matang. Karena dengan memiliki anak akan ada banyak tanggung jawab untuk keluarga.
  3. Membuka tabungan, ini merupakan salah satu cara yang baik untuk kebutuhan selanjutnya. Tabungan ini bisa untuk keperluan bulan madu maupun untuk keperluan anak nantinya.
  4. Melunasi hutang, jika setelah menikah masih memiliki hutang maka ada baiknya segera dilunasi untuk membuat beban dari hutang ini segera selesai.

Sejumlah tips pasca menikah ini memang secara umum dan ada beberapa pasangan yang pastinya akan memiliki pandangan berbeda-beda. Sebaiknya masalah keuangan perlu untuk dihindari, sebagai sepasang suami-istri harus saling memahami dengan masalah keuangan ini, dan ada baiknya untuk mencari solusi masalah keuangan yang terbaik bukan memperkeruh masalah.

Jika pasca menikah, melakukan penghematan dan bekerja dengan keras merupakan salah satu cara terbaik agar keuangan bisa menjadi normal. Maka dari itu jangan sampai ragu karena banyak sekali cara mudah mendapatkan penghasilan tambahan. Cara ini juga yang menurut beberapa orang cukup ampuh untuk membantu menutupi pengeluaran tidak terduga.

Ketika mencari sumber penghasilan baru, maka kita harus pastikan bahwa penghasilan ini tidak akan mengganggu penghasilan utama yang sudah ada. Kehidupan pasca menikah tentu saja berbeda dengan kehidupan pada biasanya karena sudah tidak ada lagi tambahan uang dari orang tua. Semua harus lebih mandiri, jadi perlu banyak pertimbangan sebelum akhirnya menentukan untuk menikah muda.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*