ajahemat January 17, 2018

Dalam hal mengatur keuangan, tentu saja setiap orang akan melakukan cara yang beragam, karena mengingat bahwa setiap orang tentunya memiliki kebutuhan yang berbeda pula. Namun tidak jarang diantara para masyarakat yang sering kali kehabisan uang disaat tanggal tua, dan hal yang semacam ini sudah sangat lumrah sekali bila terjadi karena hampir semua orang akan mengalami hal yang semacam ini, tapi tahukah kamu? Bahwa kehabisan uang ini pun disebabkan karena kamu yang kurang pandai dalam mengatur keuangan kamu.

Bagi kamu yang belum pandai dalam mengatur keuangan, maka cobalah untuk mulai belajar dalam mengatur keuangan agar kamu terbiasa. Terlebih lagi bagi kamu seorang perempuan yang masih muda atau masih single, tentu saja belajar mengatur keuangan adalah hal yang wajib untuk dilakukan dengan sebaik mungkin, karena nantinya kamu lah yang akan mengatur keuangan di dalam keluarga. Akan tetapi dibalik dari keborosan yang sering kali menjadikan diri kamu kehabisan uang sebelum gajian ini pun juga disebabkan beberapa hal yang tanpa kamu sadari.

Meskipun kamu sudah bekerja dan mendapatkan gaji yang besar, namun apabila kamu tidak pandai dalam mengatur keuangan, maka hal ini akan sama saja, karena besar kecilnya gaji yang kamu dapatkan tergantung bagaimana kamu bisa dalam mengaturnya. Meskipun gaji kamu besar namun tidak pandai mengatur keuangan maka kamu pun juga tidak akan bisa menyisakan uang gaji kamu untuk menabung, begitu juga sebaliknya kamu tetap bisa menabung meskipun gaji kamu kecil asalkan kamu pandai mengatur keuangan.

Tanpa kamu sadari kamu sudah mengalami kesalahan yang menjadikan keuangan habis sebelum gajian, yaitu sebagai berikut ini:

  1. Bagi anak muda yang kost, maka sebaiknya memilih kost yang sederhana saja, jangan memilih kos yang mewah bahkan dengan biaya 30% dari penghasilan kamu.
  2. Kamu terlalu mengikuti keinginan kamu, sehingga barang apa pun yang kamu inginkan harus segera terwujud dan hal inilah yang menjadikan kamu tidak cukup dalam menabung.
  3. Kamu terlalu mengikuti pada gaya hidup tanpa melihat isi dompet kamu sendiri, hal ini sering kali terjadi akibat dari pergaulan dan gengsi.
  4. Pengeluaran kamu jauh lebih besar jika dibandingkan gaji yang kamu tabung.

Masa muda bukanlah saatnya untuk bersenang-senang menikmati gaji yang kamu dapatkan. Memang tidak ada peraturan untuk menyuruh kamu harus berhemat, namun percayalah bahwa masa muda merupakan masa dimana kamu harus berjuang, termasuk bekerja sekeras tenaga dan mewujudkan apa yang sudah diimpikan, termasuk bekerja keras dimasa muda dan menikmati hasilnya disaat menua, tentu saja impian semua orang bisa bahagia dimasa tuanya dan bisa berhenti kerja, karena jika masa muda kamu berjuang, maka masa tua hanya bersantai sambil menikmati hasilnya.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*