ajahemat January 22, 2018

Mungkin ada beberapa dari Anda pernah mengetahui profesi mengurus sebagai perencana keuangan yang banyak ditawarkan. Padahal jika dilihat mengatur uang pribadi bukalah sesuatu yang rumit, tetapi memang perlu perhatian dan ketelitian yang ekstra apalagi bagi mereka seorang pejabat yang hartanya ada dimana-mana. Keuangan jika diatur dengan tepat tentunya akan memberikan banyak keuntungan untuk Anda sekarang maupun masa depan. Dan begitu pula sebaliknya jika pengelolaan tidak benar bisa jadi malah menjerat hutang.

Nah, bagi Anda yang tidak menginginkan berurusan dengan para perencana keuangan bisa melakukan pengelolaan sendiri. Berikut ini beberapa langkah untuk membuat suatu pengelolaan keuangan sederhana yaitu:

  • Atur dokumen.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengatur dokumen pribadi dengan baik, pisahkan mana yang penting dan mana yang tidak penting dan perlu dibuang. Mungkin dari Anda sering menemui orang-orang yang sangat hobi mengumpulkan dokumen yang harusnya sudah dibuang, seperti bukti transfer, penawaran dari bank, dan dokumen lainnya.

  • Atur tujuan keuangan Anda.

Dan yang kedua adalah membuat tujuan dari keuangan Anda, hal ini bertujuan untuk mengatur atau membuat analisa apakah pemasukan telah sesuai dengan besar pengeluaran. Lalu berapa uang yang bisa disimpan dan juga untuk diinvestasikan. Buat catatan dan rinci semua dari mulai pemasukan, pengeluaran sampai dengan sisa uang yang masih Anda pegang.

  • Buat rekening bank.

Mempunyai rekening bank itu menguntungkan sekaligus merugikan, semakin banyak Anda mempunyai rekening semakin besar pula uang yang harus Anda keluarkan setiap bulannya untuk membayar administrasi bank. Akan lebih baiknya Anda mempunyai satu rekening saja untuk beberapa pemasukan, hal ini dikarenakan untuk memudahkan Anda menghitung berapa besar pendapatan dan juga dengan jumlah yang harus dikeluarkan.

  • Pembayaran tunai.

Beberapa dari Anda pasti pernah mengalami penawaran kartu kredit dari sebuah bank atau bahkan beberapa bank. Pastikan terlebih dahulu keuntungan apa saja yang dapat Anda terima dari penggunaan kartu kredit itu. Jika memang tidak terlalu banyak lebih baik untuk melakukan semua pembayaran melalui tunai.

  • Jangan biasakan untuk berhutang.

Terlilit hutang merupakan suatu kenyataan yang sangat sulit untuk dibayangkan, jangan pernah biasakan diri Anda untuk mudah berhutang. Lebih baik segera cari solusi kekurangan uang tersebut dan jangan atasi dengan berhutang.

Fungsi utama pendapatan adalah sebagai konsumsi setiap harinya, setelah itu barulah Anda melakukan penyimpanan dan untuk mendapatkan keuntungan melakukan investasi. Nah, dari fungsi pendapatan tersebut seharusnya Anda bisa mengatur dan mengatasi permasalahan keuangan dengan mudah, apalagi itu merupakan keuangan pribadi. Utamakan mana yang perlu diutamakan dan singkirkan hal-hal yang tidak perlu dan bersifat merugikan.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*