ajahemat January 23, 2018

Anak kos merupakan seorang yang tinggal di rumah kos yang bisa berprofesi sebagai mahasiswa, siswa sekolah, ataupun yang telah bekerja di luar daerahnya. Sehingga harus tinggal di kosan karena jauh dari rumahnya. Karena tinggal di tempat yang masih menyewa maka biasanya hal tersebut juga harus menjadi pertimbangan untuk dapat memanfaatkan uang dengan baik. Terutama untuk mahasiswa yang tinggal di kosan dan mengandalkan uang perbulan dari orangtuanya. Karena biasanya jatah yang akan diberikan orangtua perbulannya harus cukup untuk memenuhi semua kebutuhannya. Oleh karena itulah menghemat adalah salah satu hal yang harus dilakukan agar jatah uang kiriman akan dapat bertahan selama satu bulan. Dimana bagi mahasiswa ada beberapa tips yang bisa dilakukan apabila ingin hemat uang kiriman seperti beberapanya adalah berikut ini:

  • Anggarkan uang kiriman

Tips pertama untuk dapat menghemat uang kiriman dari orangtua bagi anak kos ini adalah dengan melakukan anggaran dana yang dipunyai. Hal ini dapat dilakukan dengan banyak cara misalnya saja dengan mencatat semua kebutuhan dan pengeluaran selama bulan tersebut. Sehingga Anda bisa untuk mendapatkan jatah yang akan pas dan tidak kurang selama sebulan tersebut. Bagi pengeluaran dan kebutuhan uang Anda misalnya untuk makan, mencetak tugas, untuk membayar kosan, dan juga untuk kegiatan lainnya.

  • Masak sendiri di kos

Tips lainnya untuk dapat menghemat pengeluaran uang kiriman bagi anak kos adalah dengan memasak sendiri di kos. Pilihlah kosan yang ada dapur dan juga lemari es sehingga Anda akan lebih mudah apabila akan masak sendiri di kosan. Karena dengan masak sendiri pengeluaran uang untuk jajan dan juga makan di luar yang lebih mahal akan lebih terbatasi. Sehingga akan lebih hemat dengan belanja sendiri dan masak sendiri di kosan daripada harus makan diluar setiap harinya.

  • Usahakan jangan berhutang

Hal lainnya yang sering dilakukan oleh mahasiswa dan juga anak kosan adalah meminjam uang dari teman. Hal tersebut sering dilakukan apabila uang kirimannya tidak sampai sebulan sehingga salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan meminjam uang. Padahal dengan meminjam uang maka uang kiriman yang akan diterimanya juga berkurang untuk membayar hutang. Sehingga akan besar kemungkinannya apabila akan meminjam lagi untuk bulan berikutnya. Oleh karena itulah usahakan untuk tidak meminjam uang dan lebih memilih mencari kerja part time untuk menghasilkan uang.

  • Membeli barang yang murah

Dan hal terakhir yang bisa dilakukan untuk mahasiswa kos-kosan agar dapat berhemat adalah dengan membeli barang yang harganya terjangkau. Ketika akan membeli sesuatu usahakan untuk memilih barang yang harganya lebih murah dan tidak perlu mahal. Sehingga hal tersebut akan menghemat pengeluaran dan bisa untuk menyisakan uang kiriman setiap bulannya.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*