ajahemat January 24, 2018

Di zaman modern in persaingan di dunia kerja semakin ketat. Nilai akademis tidak dapat dijadikan acuan dalam persaingan memperoleh pekerjaan. Jumlah pengangguran semakin meningkat akibat tidak seimbangnya lapangan pekerjaan dengan jumlah sumber daya manusia yang memenuhi kriteria. Bagi generasi muda muncul ketakutan tidak akan memperoleh kesempatan kerja sesuai yang diinginkannya. Tetapi saat memperoleh pekerjaan pun muncul ketakutan akan masa depannya apakah ia dapat terus bertahan dalam pekerjaan tersebut.

Oleh karenanya saat mulai memasuki dunia kerja ada baiknya kalangan muda tersebut mempersiapkan diri. Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah melakukan investasi. Investasi bermanfaat jangka panjang. Tetapi dalam memilih jenis investasi apa saja yang berpeluang baik harus dilihat benar-benar. Tidak semua investasi cocok bagi kalangan muda. Karena itu harus jeli dalam memilih investasi apa yang paling sesuai untuknya.

Ada beberapa jenis investasi yang bisa dijadikan pilihan bagi kalangan muda diantaranya adalah:

  • Saham

Investasi saham memang beresiko tinggi, tetapi jangan salah bahwa keuntungan yang ditawarkannya pun juga tinggi. Investasi saham memberikan hak kepemilikan sehingga mempunyai andil didalamnya. Keuntungan yang ditawarkan sebanding dengan resiko yang didapat. Bagi anak muda kenapa investasi saham sangat cocok? Karena masa muda waktunya mengambil resiko dan tidak melewatkan kesempatan yang ada. Bagaimanapun keuntungan yang diperoleh nantinya akan bisa dinikmati.

  • Reksadana

Reksadana menjadi salah satu pilihan investasi kalangan muda. Modal yang dibutuhkan dalam investasi ini lebih sedikit dibandingkan dengan saham. Sistem yang digunakan dalam investasi reksadana ini adalah dengan memberikan sejumlah uang yang digunakan untuk membeli saham oleh profesional. Jadi hanya perlu mengeluarkan modal dan tidak perlu memikirkan hal lainnya. Jadi sangat cocok bagi anak muda yang sibuk dengan pekerjaannya atau kurang mengetahui tentang pasar saham.

  • Properti

Bisnis properti bisa dipastikan sangat menguntungkan dalam jangka panjang. Jumlah manusia yang semakin banyak tetapi dengan tanah yang tetap adalah alasan mengapa bisnis ini disebut menguntungkan. Beberapa contoh dapat dilihat di sekitar pembangunan stasiun, tanah yang tadinya kosong dan murah harga jualnya, menjadi mahal. Hal tersebut karena pembangunan sarana prasarana yang terus digencarkan. Indonesia sendiri sedang dalam proses pembangunan yang meliputi keseluruhan wilayah, sehingga investasi bagi anak muda sangat bagus dalam bidang ini. Meskipun demikian tetap harus diperhatikan dengan baik bagian mana yang paling sesuai untuk investasi dalam bidang ini.

Jadi investasi tidak perlu menunggu ketika usia tua. Usia muda pun bisa berinvestasi dan keuntungan yang diperoleh akan lebih cepat dapat dinikmati. Modal tidak lagi menjadi kendala karena sudah banyak lembaga yang menyediakan pinjaman dana bagi investor pemula. Kalaupun tidak ingi meminjam bisa dimulai dengan menyisihkan sebagian penghasilan untuk nantinya dijadikan investasi.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*