ajahemat February 1, 2018

Bulan desember jadi gajian di akhir tahun, banyak pegawai yang sudah tidak sabar menantikan berapa bonus akhir tahunnya. Karyawan yang bekerja di bank dan perusahaan swasta tentu saja menyambut baik penghujung tahun, karena bonus besar atas kinerja setahun lalu akan didapatkan dan langsung masuk dengan angka nominal besar. Ini setimpal dengan lembur, kerja lapangan dan tidak bisa menghabiskan akhir pekan bersama keluarga.

Apakah sudah ada gambaran untuk menggunakan bonus akhir tahun? Kebanyakan akan berpesta dengan teman dan sahabat, hal ini boleh saja dilakukan namun jangan habiskan semuanya. Karena masih ada kebutuhan lain yang harus dipenuhi, apalagi jika usia sudah memasuki 30 tahun. Banyak hal lain yang harus dipikirkan, seperti kepemilikan rumah apakah sudah ada atau lunas? Bagaimana cicilan mobil? Masa depan dengan pasangan? Rencana untuk menikah? Berikut ini ada beberapa tips mengelola bonus akhir tahun bagi karyawan dengan tepat:

  • Selesaikan pembayaran hutang. Hal pertama yang harus diselesaikan adalah pinjaman, baik itu ke bank atau instansi resmi lainnya dan perseorangan. Ini tidak akan pernah selesai jika ditunda, pembayaran hutang memang jadi hal utama karena akan menjadi beban di usia senja dengan jumlah nominal hutang menggunung. Pilih jenis hutang dengan tempo pembayaran singkat dan bunga besar, bahkan jika bisa berhenti menggunakan layanan kartu kredit
  • Beli investasi bergerak. Sudah menutup semua hutang dan masih terdapat sisa cukup banyak, berinvestasi saja. Ini jadi tabungan dengan nilai meningkat lebih cepat, pilih barang yang bergerak dengan cepat. Misalkan kendaraan bermotor, emas dan mata uang asing. Perhatikan dalam memilih investasi, pastikan mengerti dengan benar dan menjual saat menguntungkan.
  • Pergi berlibur ke tempat idaman. Sangat membosankan berada di tempat yang sama dengan rutinitas harian selalu sama, rencanakan tempat liburan yang belum pernah dikunjungi dengan teman terdekat. Bonus akhir tahun memang jumlahnya besar, tidak ada salahnya menyenangkan diri sendiri. Refreshing ini akan membuat Anda bisa kembali bekerja dengan lebih semangat, bahkan meningkatkan kualitas kerja.
  • Simpan dalam bentuk tabungan. Belum tahu akan digunakan untuk apa bonus tahunan? Kenapa tidak menabung saja, ini jadi hal tepat dari pada menghabiskan sesuatu yang di sukai dan memberikan manfaat. Pilih satu tabungan yang berbeda dengan uang harian, sehingga tidak akan digunakan nantinya. Bisa menyimpan di deposito berjangka dengan suku bunga yang selalu mengalami peningkatan, karena tidak bisa diambil ini akan jadi simpanan besar di masa yang akan datang.

Penting sekali mengelola bonus yang hanya di dapatkan setahun sekali, jangan habisnya untuk hal yang merugikan seperti berpesta. Pikirkan masa depan, apa yang dimiliki sekarang belum tentu akan bertahan terus jika tidak dikelola dengan baik, ada saatnya harus mandiri dan tidak lagi bergantung pada orang lain nantinya.

 

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*