ajahemat February 2, 2018

Sekarang ini memang kata bitcoin sudah tidak asing lagi bagi masyarakat. Dimana bitcoin sudah dikenal sebagai mata uang baru yang digunakan untuk transaksi elektronik. Sehingga akan menawarkan banyak keunggulan seperti dapat membayar dengan lebih mudah ketika akan menyelesaikan transaksi pembelian. Selain itu juga banyak keuntungan lainnya yang bisa didapatkan dari menggunakan mata uang baru yang juga digunakan banyak negara lainnya. Akan tetapi sistem mata uang baru bitcoin ini juga masih mempunyai kekurangan yang ada, seperti misalnya beberapa kelemahan menggunakan bitcoin sebagai uang untuk transaksi pembayaran.

  • Harganya yang tidak stabil

Kekurangan pertama dari menggunakan bitcoin adalah dari harganya yang tidak stabil. Bitcoin sendiri merupakan mata uang yang sifatnya masih spekulatif. Sehingga walaupun harganya sekarang naik dan diminati banyak masyarakat, tetapi suatu saat akan tidak berharga sama sekali. Dan hal tersebut yang membuat banyak orang ragu untuk membeli mata uang ini dan menggunakannya sebagai mata uang baru untuk melakukan transaksi pembayaran. Sehingga akan sangat beresiko apabila masyarakat tidak berhati-hati ketika membelinya karena harga dan nilainya yang tidak stabil di pasaran.

  • Tidak bisa digunakan untuk membayar semua jenis produk

Dan kekurangan selanjutnya dari mata uang baru bitcoin ini adalah tidak bisa digunakan untuk membeli semua produk yang diinginkan. Tidak semua penjual dan juga perusahaan yang mengakui mata uang baru ini, sehingga ketika akan membeli barang tertentu masih harus menggunakan sistem pembayaran dengan mata uang yang digunakan pada umumnya dan bukan menggunakan bitcoin. Oleh karena itulah ketika melakukan pembelian dengan bitcoin harus memperhatikan tempat yang menyediakan dan menerima pembayaran menggunakan bitcoin.

  • Mempunyai resiko yang besar untuk hilang dan dicuri

Sistem online sendiri masih mempunyai banyak kekurangan utamanya pada hal keamanan. Hal tersebut juga menjadi salah satu kekurangan atau kelemahan dari bitcoin ini, karena bisa untuk mudah dicuri atau hilang. Bictoin adalah mata uang virtual sehingga bentuk penyimpannya menggunakan file digital yaitu menggunakan wallet file. Bitcoin tersebut dapat untuk disimpan di hard disk yang dapat untuk rusak sehingga akan hilang, atau dipindahkan tanpa sepengetahuan pemiliknya. Sehingga akan sangat berisiko untuk hilang dan dicuri dengan cara diretas. Sehingga membuat anda menjadi jatuh dalam masalah keuangan yang parah.

  • Digunakan sebagai alat pencucian uang

Kelemahan dari bitcoin ini adalah juga tidak banyak diakui oleh negara sebagai mata uang baru. Sehingga hal tersebut membuka peluang lainnya yaitu sebagai alat pencucian uang. Penggunaan mata uang bitcoin ini yang tidak dikontrol oleh pemerintah dan juga lembaga keuangan membuatnya akan lebih mudah untuk digunakan dalam tindak kriminal. Sehingga bisa disalah gunakan untuk pencucian uang dan juga untuk menghindari pajak.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*