ajahemat February 7, 2018

Sekarang ini banyak yang memilih bekerja sebagai freelance, ini adalah pekerja yang tidak memiliki pekerjaan tetap. Sistem freelance online lebih menguntungkan, karena bisa bekerja dimana dan kapan saja, asalkan sesuai dengan kesepakatan awal. Bahkan bisa menentukan sistem pembayaran sendiri dengan klien, banyak yang menerapkan sistem pembayaran di awal kerja sama. Hal ini memang banyak diterapkan, karena pekerja freelance online hanya bertemu online di internet tanpa adanya pertemuan secara langsung.

Memang tidak ada jaminan jika pendapatan pekerja freelance lebih kecil karena banyak pekerjaan bisa dilakukan, kebanyakan memang pekerja kreatif dan inovatif yang mengembangkan hal baru sesuai kebutuhan teknologi. Namun karena keterbatasan pekerjaan, maka harus pintar dalam mengatur keuangan. Banyak pekerja freelance online baru akan menjadi project baru setelah uang habis, padahal jumlah pembayaran yang diterima dalam jumlah besar. Itulah kenapa, harus bisa menerapkan sistem pengaturan gaji yang baik, agar semua pendapatan bisa digunakan secara maksimal dan tidak akan habis tanpa kejelasan. Berikut ini ada 5 cara jitu untuk mengatur keuntungan bagi pekerja freelance:

  1. Simpan uang setelah masuk pembayaran. Uang akan langsung dikirimkan langsung ke rekening setelah mendapatkan project, itulah keuntungan dari pekerja freelance online. Sebaiknya simpan dalam rekening hingga pekerjaan selesai, sistem project memang menguntungkan namun sebaliknya akan jadi malapetaka jika tidak bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Bahkan menyimpan uang pembayaran awal juga akan membuat kinerja jadi lebih bersemangat untuk mendapatkan semua pembayaran.
  2. Gunakan sistem belanja bulanan. Meskipun tidak mendapatkan gaji bulanan tetap di tanggal yang sama, sebaiknya melakukan belanja bulanan secara rutin. Penuhi semua kebutuhan penting terlebih dahulu, seperti pembayaran bulanan, makanan dan juga pembayaran tagihan hutang. Sehingga tidak akan masalah jika belum mendapatkan project, hidup Anda tidak akan terganggu.
  3. Hindari bekerja di luar ruangan secara berlebihan. Pekerjaan bisa dikerjakan dimana saja, membuat banyak pekerja freelance memilih bekerja diluar ruangan yang membuat lebih nyaman. Coffee shop bahkan jadi tempat paling banyak dicari, bisa duduk dengan tenang, ruangan nyaman dengan pendingin ruangan dan makanan selalu ada. Ini pemborosan karena sebenarnya kurang fokus dalam menyelesaikan pekerjaan.
  4. Segera cari job kembali sebelum pekerjaan benar-benar selesai. Jangan senang dahulu jika berhasil menyelesaikan sebuah project, setelah pembayaran dilakukan maka klien tidak akan menggunakan jasa kembali. Itulah kenapa, penting untuk membuat ikatan dekat dengan beberapa klien potensial sebelumnya, karena jika bisa memberikan kepuasan hasil kinerja, maka tidak segan menggunakan jasa Anda kembali.
  5. Buatlah uang simpanan cadangan. Terjadi hal buruk memang tidak bisa diprediksi, untuk itulah penting membuat simpanan uang cadangan. Ini juga bisa jadi tabungan untuk liburan di akhir tahun, jangan hanya pekerjaan saja yang dipentingkan. Menyenangkan diri sendiri dan orang sekitar juga bisa memberikan kebahagiaan tersendiri.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*