ajahemat February 13, 2018

Terlihat sederhana namun ternyata mengatur keuangan misalnya seperti mencatat pemasukan dan pengeluaran memiliki manfaat tersendiri apalagi jika dilakukan sejak masih dini. Terdapat beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan jika Anda mulai membiasakan mengatur keuangan Anda. Pertama adalah melatih hidup hemat. Dengan mengatur keuangan Anda maka Anda bisa mengatur pengeluaran Anda sehingga dapat menghindari untuk melakukan sesuatu misalnya berbelanja sesuatu yang tidak terlalu menguntungkan atau tidak terlalu dibutuhkan. Dengan kata lain, membiasakan diri untuk mengatur keuangan bulanan ataupun jangka panjang bisa menghindarkan diri Anda sendiri dari sikap konsumtif yang bisa merugikan Anda di masa depan.

Kedua adalah melatih Anda untuk hidup disiplin, tertib dan teratur. Dengan memiliki daftar pengaturan keuangan, misalnya berapa banyak uang yang harus dihabiskan untuk membayar tagihan listrik ataupun air, maka Anda bisa lebih teratur dalam pengalokasian dana yang Anda miliki. Ketiga adalah bisa mengurangi stress. Percaya atau tidak, mempunyai keuangan yang lebih stabil mampu untuk mengurangi stress. Semakin Anda memiliki kondisi keuangan yang stabil maka Anda akan merasa semakin tenang sehingga pikiran Anda juga tidak terbebani masalah keuangan.

Keempat adalah bisa melindungi Anda dari jeratan hutang. Hal ini disebabkan karena Anda sudah mengatur keuangan Anda dengan baik misalnya mengalokasikan pemasukan Anda untuk kepentingan sesuai dengan yang Anda butuhkan misalnya untuk membayar listrik bulanan, untuk belanja, untuk biaya pendidikan ataupun untuk yang lainnya. Karena hal tersebut, jikapun Anda memiliki hutang, misalnya digunakan untuk membayar biaya pengobatan ataupun untuk kredit kendaraan, Anda sudah menentukan berapa besar kredit yang akan Anda ambil dan untuk berapa lama kredit tersebut dilunasi.

Kelima adalah perancangan masa depan yang lebih baik. Jika dibandingkan dengan orang yang tidak mengatur keuangan, seperti menghitung pemasukan dan pengeluaran yang dilakukan, orang yang terbiasa untuk mengatur keuangan mempunyai masa depan yang bagus karena sudah bisa melakukan perancangan dan antisipasi yang baik. Misalnya, penghasilan yang diterima disisihkan sebanyak 30% setiap bulannya akan memiliki hasil yang jauh lebih banyak dibandingkan orang yang menggunakan uang gajinya untuk keperluan yang tidak terkontrol. Dengan yang simpanan tersebut, bisa digunakan untuk kondisi darurat atau untuk membuka usaha.

Manfaat yang lainnya dari membiasakan diri mengatur keuangan adalah:

  • Anda punya perlindungan untuk hal yang tidak terduga sehingga Anda tidak perlu pusing memikirkan tambahan uang untuk keperluan tersebut misalnya uang pengobatan.
  • Memiliki kesempatan yang lebih banyak untuk bersedekah atau berbagi dengan sesama.
  • Bisa menjadi contoh yang baik untuk anak ataupun keluarga yang lainnya sehingga secara tidak langsung bisa membantu untuk menghindarkan anggota keluarga Anda dari hutang.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*