ajahemat February 14, 2018

Akhir tahun memang menjadi moment yang banyak dinantikan oleh masyarakat, karena ada beberapa hari penting yang harus dirayakan, mulai dari Natal hingga Tahun baru, bahkan juga tak kalah ada surga belanja di setiap bulan Desember. Hal inilah yang membuat pengeluaran kian membengkak di akhir tahun sehingga memasuki awal tahun isi kantong akan terkuras habis, salah satu masalah yang pastinya juga sering Anda alami. Setelah bersenang-senang di akhir tahun untuk merayakan liburan hingga belanja sepuas-puasnya maka yang tersisa adalah keuangan yang menipis.

Kesalahan yang paling sering dilakukan dalam mengatur keuangan oleh masyarakat dan tentunya patut untuk Anda hindari, berikut ini cara cerdas untuk tetap menikmati kemeriahan di akhir tahun, namun tidak berdampak buruk pada keuangan, diantaranya adalah:

  1. Ketika ingin melakukan liburan, maka rencanakan secara matang, jangan buat jadwal secara mendadak, alangkah baiknya bagi Anda untuk mulai memikirkan 3 bulan sebelumnya, waktu yang sangat cukup digunakan untuk menabung. Paling tidak setelah beberapa bulan menyisihkan biaya untuk kebutuhan wisata, maka Anda tak perlu mengambil tabungan lainnya untuk kebutuhan jalan-jalan atau travelling, keuangan bisa jadi lebih aman.
  2. Mulai untuk booking tiket perjalanan maupun hotel jauh-jauh hari, salah satu keuntungan ketika perencanaan dilakukan secara matang adalah bisa mendapatkan tawaran harga yang lebih murah. Promo pada dasarnya sudah diberikan oleh perusahaan penerbangan maupun wisata jauh-jauh hari sebelumnya. Ketika Anda mulai booking satu bulan hingga dua bulan lalu maka tak akan ketinggalan dengan harga yang lebih murah tersebut. Sangat lumayan digunakan untuk menekan biaya pengeluaran.
  3. Utamakan kebutuhan yang paling mendesak, misalnya adalah perayaan Natal yang pastinya akan memakan banyak biaya, mulai dari dekorasi, hadiah hingga makanan. Dahulukan hal ini terlebih dahulu sebagai hal yang paling mendesak sebelum memikirkan kebutuhan yang lainnya. Dengan demikian perhitungan biaya jadi lebih mudah, tak keteteran karena kebutuhan yang tidak penting sehingga harus mengambil uang tabungan.
  4. Belanja murah di tengah serbuan diskon bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan yang wajib dan memang mendesak, misalnya adalah peralatan rumah tangga yang sudah mulai habis, hingga barang-barang keperluan Natal dan Tahun Baru, bisa digunakan untuk menghemat pengeluaran. Justru jangan berlaku sebaliknya, karena ada banyak promo istimewa maka pengeluaran kian membengkak.
  5. Manfaatkan sebagai mungkin fasilitas yang ditawarkan dari kartu kredit, untuk membeli beberapa macam kebutuhan dengan harga yang jauh lebih hemat dan juga dipakai dalam rangka mengelola keuangan menjadi lebih baik, namun jangan jadikan sebuah alasan untuk hutang yang kian menumpuk.

Sangat mudah bukan, cobalah beberapa hal diatas agar awal tahun tetap dilalui dengan keuangan yang stabil.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*