ajahemat February 15, 2018

Hanya segelintir orang yang pandai mengatur keuangan. Tak sedikit yang sering mengeluhkan kehabisan uang bahkan saat pertengahan bulan. Akibatnya sebagian menutupi kebutuhannya dengan cara mencari pinjaman. Hal ini tentu saja dikarenakan kita tidak mampu mengelola gaji yang diterima dengan baik. Semua kebutuhan baik yang penting sampai yang tidak penting sama sekali, dipenuhi tanpa melakukan pertimbangan.

Agar kita bisa menyesuaikan pengeluaran kita dengan gaji yang diterima tentulah kita perlu bijak dalam mengatur gaji bulanan. Berikut ini beberapa cara bijak mengatur gaji bulanan yang bisa diterapkan, diantaranya yaitu:

  • Membuat anggaran bulanan.

Buatlah pemisah antara kebutuhan primer dan tersier. Dahulukan terlebih dahulu kebutuhan primer seperti kebutuhan makan, transportasi, cicilan rumah, cicilan motor, biaya listrik menjadi prioritas utama. Sementara untuk kebutuhan tersier seperti belanja baju, traveling, karaoke dikesampingkan terlebih dahulu atau dikurangi jika memang tidak diperlukan sekali.

  • Tidak menunda-nunda pembayaran tagihan.

Biasakan rutin untuk membayar semua tagihan yang dibebankan. Semakin sering menunda akan menambah daftar masalah keuangan kita. Dengan rutin membayar tagihan kita juga bisa terhindar dari sanksi denda.

  • Menyisihkan sebagian uang untuk ditabung.

Menyisihkan sebagian pendapatan untuk ditabung menjadi upaya yang baik untuk menanggulangi kekurangan keuang di kemudian hari.

  • Membuat laporan keuangan harian.

Jangan membuang setiap struk belanjaan kita. Catatlah setiap pengeluaran dari struk yang telah kita kumpulkan. Dari sini kita bisa melakukan analisa kebutuhan apa saja yang sebenarnya lebih kita butuhkan dan mana yang tidak.

  • Memisahkan kebutuhan dengan memiliki lebih dari satu rekening bank.

Kita bisa memisahkan kebutuhan kita dengan cara memiliki rekening berlebih. Gunakan salah satu rekening untuk memenuhi kebutuhan hidup kita dan satu rekening lagi yang kita alokasikan sebagai tempat menabung. Karena terkadang tanpa pemisahan ini kita akan terlalu menggampangkan adanya uang.

  • Bijak dalam pemakaian kartu kredit.

Senang berbelanja dengan kartu kredit sah-sah saja asalkan diimbangi dengan pendapatan yang sepadan. Namun hal ini akan menjadi boomerang saat gaji yang kita dapat tidak mencukupi untuk memenuhi gaya hidup kita. Jadi mulai bijaklah menggunakan kartu kredit.

  • Mulai berinvestasi

Berinvestasi bisa dilakukan dengan banyak cara, mulai dari mengikuti asuransi, menabung emas, reksadana, maupun investasi dengan mengucurkan dana pada suatu jenis usaha bagi hasil. Cara ini lebih baik karena uang yang kita investasikan memiliki kemungkinan untuk lebih berkembang.

  • Mengubah gaya hidup boros menjadi lebih hemat.

Gaya hidup boros harus dihilangkan jika ingin pendapatanmu cukup untuk digunakan dalam satu bulan ke depan. Hal ini bisa dimulai dari menghemat biaya pemakaian listrik dan air. Mengurangi kebiasaan makan di cafe atau restoran mahal, traveling, dll.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*