ajahemat February 16, 2018

Salah satu kegiatan sangat penting dalam mengatur keuangan adalah menabung, dan hukumnya wajib dilakukan demi masa depan. Uang yang berhasil ditabung nantinya bisa dipergunakan untuk berbagai keperluan bahkan untuk mengatasi kebutuhan mendadak. Maka seseorang belum bisa dikatakan sukses secara finansial apabila belum memiliki tabungan meski gajinya besar dan mampu membeli barang mewah. Kegiatan menabung merupakan kegiatan kuno yang sudah dilakukan sejak zaman purba, dulunya menabung dalam bentuk makanan dan kini menabung dalam bentuk uang.

Menyimpan uang tabungan di rumah terasa terlalu beresiko karena bisa hilang diambil keluarga sendiri ataupun diembat maling. Untuk membiasakan diri dalam menabung anda harus mengajarkan anak untuk belajar menabung sejak dini. Supaya aman biasakan menabung di bank namun pilih lembaga perbankan yang benar-benar tepat agar tak kecewa. Berikut kiat memilih bank tersebut:

  • Kumpulkan informasi sebanyak mungkin,

Sebelum membuka rekening tabungan di bank baiknya bandingkan dulu karakter produk dan kebijakan masing-masing bank. Cara ini memberikan referensi bank terbaik yang menyediakan produk tabungan sesuai dengan harapan. Anda bisa menikmati pula keamanan yang terjamin ketika menabung di bank legal dan sudah dijamin LPS, maka jangan asal menabung.

  • Pilih bank yang kantor cabangnya ada banyak,

Transaksi menabung tentu akan lebih sering berinteraksi langsung dengan teller, meskipun sudah tersedia mesin setor tunai. Namun jumlahnya tentu terbatas dan meski oleh bank ternama sekalipun biasanya hanya ada di kantor pusat atau cabang. Supaya transaksi menabung bisa rutin dilakukan dan juga bisa kapan saja maka pilih bank yang kantor cabangnya banyak. Sebab ada beberapa lembaga perbankan yang kantornya masih terbatas sehingga menyulitkan nasabah untuk berinteraksi.

  • Pertimbangkan soal biaya-biaya selama menabung,

Semua bank tanpa terkecuali tentu menerapkan kebijakan memotong saldo tabungan sekian Rupiah setiap bulannya atau per transaksi elektronik. Misalnya saja biaya administrasi bulanan, kemudian biaya administrasi untuk transfer ke rekening bank, tarik tunai ke mesin ATM bank lain, dan sebagainya. Rupanya selain biaya-biaya yang lumrah ditemui tersebut beberapa bank menerapkan kebijakan biaya tambahan yang tentu wajib diketahui. Usahakan mencari bank dengan biaya yang rendah agar saldo tidak mudah berkurang drastis dan hindari biaya-biaya tambahan agar tidak shock setiap cek saldo.

  • Fasilitas tabungan yang diterima,

Setiap bank dijamin akan menawarkan produk tabungan yang beragam, mulai dari TabunganKU yang merupakan kerjasama dengan pemerintah. Sampai tabungan untuk masa depan misal tabungan berencana, tabungan pendidikan, sampai deposito yang hanya bisa ditarik dananya per berapa tahun sekali. Anda tentu wajib memilih jenis tabungan yang sesuai dan memperhatikan fiturnya. Sebab bisa jadi tabungan yang Anda buka membatasi transaksi tarik tunai, tidak nyaman bukan? Maka cek betul fitur tabungan yang dipilih agar tak kecewa.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*