ajahemat February 20, 2018

Persiapan pernikahan memang memakan banyak waktu dan tenaga, namun tak hanya itu, karena Anda juga dituntut untuk mempersiapkan budget menikah dalam jumlah yang cukup, karena pesta yang satu ini nantinya akan memakan banyak biaya. Itulah mengapa merencanakan pernikahan tidak hanya bisa sekali waktu saja, melainkan harus berbulan-bulan sebelumnya, mengingat pastinya setiap orang menginginkan yang terbaik untuk pesta pernikahan mereka.

Untuk itulah anggaran juga harus disusun mulai dari sekarang, ada kalanya pesta untuk pernikahan memang memakan banyak biaya, besar kecilnya nilai anggaran tersebut tergantung dari diri Anda sendiri yang aka mengadakan pesta semacam apa. Lalu bagaimana jika biaya atau budget yang dimiliki tergolong sedikit atau kecil? Hal ini juga bukan sebuah masalah besar, berikut ini setidaknya ada beberapa tips bagi Anda yang akan mengadakan pesta pernikahan agar tidak memakan terlalu banyak biaya, diantaranya adalah:

  1. Tidak perlu menyewa gedung, Anda dapat memanfaatkan pekarangan rumah atau taman untuk mengadakan pesta pernikahan tersebut, salah satu hal yang memakan banyak biaya memang berhubungan dengan sewa gedung untuk party, jadi Anda bisa menekannya dengan tidak mengadakan pesta indoor, melainkan dengan konsep outdoor di rumah saja, dengan cara menyulap pekarangan rumah menjadi tempat pesta yang menarik.
  2. Mulai tentukan menu yang akan disediakan, catering ini juga jadi bagian yang sangat memakan biaya, sehingga harus direncanakan, tegas dalam memilih menu makanan yang nantinya akan Anda hidangkan untuk tamu yang akan datang, buatlah varian-varian menu yang tidak memakan terlalu banyak biaya, jangan hanya serba daging, kombinasikan juga dengan ikan dan juga sayuran, sehingga biaya bisa ditekan.
  3. Rencanakan sendiri, tak harus menggunakan jasa seorang wedding organizer, apalagi pesta yang akan diadakan tersebut juga tidak terlalu mewah, dengan memakai jasa seorang WO pastinya hanya akan menambah budget atau pengeluaran Anda nantinya. Padahal sebenarnya kategori pesta kecil bisa dirancang sendiri.
  4. Tak harus menggunakan gaun pernikahan rancangan desainer ternama, semua gaun yang akan dipakai untuk acara ini sama, yaitu hanya akan dikenakan satu kali dalam seumur hidup, alangkah baiknya menghemat anggaran dengan memakai yang tidak memakan terlalu banyak biaya. Rancangan desainer biasa atau beli jadi secara langsung, harganya jauh lebih murah.
  5. Jangan membuang uang untuk model undangan tamu, karena hal ini juga tidak akan diperhatikan oleh penerima, save lebih banyak biaya untuk pengeluaran yang satu ini, cukup pesan undangan yang biasa saja.
  6. Souvenir belilah yang biasa namun memiliki manfaat, sehingga tidak hanya dijadikan sebagai pajangan atau bahkan dibuang oleh penerima.

6 cara tersebut bisa coba Anda pakai untuk membuat pesta pernikahan yang bermodal kecil. Sehingga anda pun dapan menghemat keuangan untuk masa depan.

 

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*