ajahemat February 21, 2018

Mendekati tanggal tua biasanya kalangan mahasiswa mulai merindukan uang bulanan yang dikirimkan orangtuanya dari rumah. Aroma uang bulanan ini semakin kencang tatkala kondisi kantong tengah tipis namun tanggal pengiriman uang saku dari rumah masih beberapa minggu lagi. Apakah Anda juga merasakannya? Mayoritas mereka yang kuliah jarak jauh dan menjadi anak kost wajib sekali paham mengelola keuangan pribadinya. Jangan sampai uang bulanan yang dikirimkan orangtua hanya sekedar lewat padahal beban orangtua tidak hanya uang makan juga uang kuliah. Belajar berhemat dan menabung untuk membuat keuangan semasa kuliah jadi lebih ringan.

Dengan memilih berhemat otomatis Anda pun membantu meringankan beban orangtua, sembari memanfaatkan dana tersebut untuk kebutuhan mendatang. Bagaimana cara kelolanya? Sebenarnya mudah, dan berikut adalah buktinya:

  • Tahu betul prioritas kebutuhannya,

Uang bulanan kiriman orangtua bisa jadi aslinya cukup untuk sebulan bahkan bersisa sehingga bisa ditabung. Supaya kejadian ini bisa benar-benar terjadi maka penting untuk menyusun skala prioritas diantara sekian kebutuhan Anda sebagai mahasiswa. Ketika buku bisa dihemat maka hematlah, dan ketika perlu mendahulukan pembelian buku kuliah maka dahulukan ketimbang belanja baju baru.

  • Hindari resiko lapar mata,

Kalangan mahasiswa juga kental sekali dengan kegiatan belanja, maklum saja sebab selama kuliah tidak memakai seragam. Otomatis banyak diantaranya yang mulai melek dengan penampilan supaya terlihat mempesona ketika ke kampus. Malu rasanya kalau memakai baju yang sama berulang kali, meskipun tidak dosa dan tidak akan ada yang menegur. Maka bersikaplah apa adanya dan biasa saja tidak perlu neko-neko dan setiap uang bulanan turun jangan langsung pergi belanja. Pikirkan dulu apa yang musti dibeli sehingga jauh dari resiko lapar mata.

  • Biasakan mencuci dan masak sendiri,

Memanage keuangan agar lebih hemat sebagai anak kost di kalangan anak kuliahan kerap kali kesulitan untuk belajar mandiri sehingga apa-apa mengandalkan uang bulanan dari orangtua. Beberapa bahkan tak segan hidup mewah sehingga makan enak di restoran mahal dan kebutuhan cuci baju selalu diserahkan pada laundry antar jemput. Sangat nyaman memang, namun efeknya belum kiriman bulan berikutnya datang uang di kantong sudah tandas. Nah, cobalah hidup hemat dengan masak sendiri dan mencuci baju sendiri dijamin dana yang tersisa jumlahnya fantastis.

  • Kurangi jam nongkrong bersama teman kuliah,

Setiap mahasiswa dijamin memiliki teman dekat dan kemudian secara alami memiliki jam nongkrong dan kadang dilakukan rutin. Cobalah untuk memikirkan uang kegiatan nongkrong tersebut apakah berfaedah atau tidak sama sekali. Memang bermanfaat untuk tetap memiliki teman selama masa kuliah namun jangan sampai malah membuat kantong berantakan. Tidak melulu harus menjauhi teman cukup batasi intensitas nongkrong Anda, sebab sekali nongkrong dijamin buntutnya jajan juga minimal minuman dan camilan.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*