ajahemat February 27, 2018

Ada kalanya ketika keuangan Anda tengah dalam kondisi yang stabil, bahkan juga tinggi maka seseorang ingin mencoba peruntungan baru, salah satunya adalah dengan menginvestasikannya. Bukan hal yang salah, justru sangat bagus, karena ada resolusi untuk melipat gandakan harta yang dimiliki, mengubahnya menjadi sesuatu yang jauh lebih bermanfaat dibandingkan sekedar uang. Mengingat pastinya Anda sendiri sudah tidak begitu asing dengan inflasi bukan, suatu kondisi dimana nilai uang tidak ada artinya, karena harga barang yang terlalu tinggi. Ada kemungkinan juga uang yang Anda simpan akan mengalami hal ini. Namun hal ini jika dilakukan pun akan mendatangkan manfaat investasi pada keuangan anda.

Sehingga akan jauh lebih aman untuk menukarnya dalam bentuk lain, yaitu dengan cara investasi ini. Namun investasi ini ibaratnya menanam sebuah pohon, yaitu belum tentu bisa mendapatkan keuntungan dari buahnya, mengingat ada kalanya sebelum berbuah maka pohon tersebut akan mati terlebih dahulu, sehingga resikonya sudah pasti ada. Bagi para investor pemula hendaknya harus berhati-hati, karena belakangan ini sangat rawan terjadi penipuan dalam bentuk ini.

Untuk itulah maka berikut ini ada beberapa jenis investasi yang hendaknya dihindari investor pemula agar tidak sampai rugi, diantaranya adalah:

  1. Investasi yang tawarkan bunga sangat tinggi, banyak tentunya belakangan orang-orang yang tengah mencari nasabah dengan imbal-imbal investasi berbunga besar, padahal tidak ada yang seperti ini, bisa dikatakan ini adalah sebuah produk investasi bodong, artinya semakin tinggi tawaran pendapatan maka resikonya semakin tinggi. Hanya saja banyak yang sudah membuktikan kerugian dibandingkan dengan peruntungan.
  2. Investasi pada instrumen saham, bagi yang masih pemula ada baiknya juga menghindari instrumen ini, meskipun pada dasarnya nilai keuntungan paling besar dibandingkan dengan pilihan investasi yang lainnya, namun ketahui pula bahwa tidak akan bisa dikerjakan oleh seorang pemula, karena memang jenis tersebut terlalu sulit untuk dilakukan, harus benar-benar orang ahli jika ingin bermain pada pasar saham.
  3. Trading, pilihan yang paling mudah untuk dilakukan, karena prosesnya secara online, bahkan sudah banyak diantara perusahaan-perusahaan trader di dalam negeri, hanya saja sebagian besar diantaranya adalah penipu. Bagi investor pemula mungkin akan percaya-percaya saja ketika diberikan keuntungan tinggi awalnya, namun saat investasi lagi dengan nilai yang jauh lebih besar justru mengalami kerugian.

Lalu jenis investasi apa yang paling aman untuk para pemula, sebaiknya pilih beberapa jenis ini, diantaranya adalah:

  • Properti.
  • Emas.
  • Reksadana.

Pilihan investasi tersebut sangat mudah untuk dijalankan, tanpa harus memiliki skill khusus, apalagi harganya dari tahun ke tahun selalu mengalami peningkatan. Namun juga harus diimbangi dengan nilai modal yang besar. Karena pada dasarnya instrumen-instrumen di atas dijual dengan nilai tinggi, kecuali reksadana yang bisa dimulai dengan 100 ribu rupiah setiap bulannya.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*